Text
Pengaruh model pembelajaran treffinger dan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPS : studi eksperimen pada siswa kelas V SDN Balaraja III Kecamatan Balajaraja Kabupaten Tangerang-Banten
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Treffinger dan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran PBL, serta mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kreatif. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dengan desain eksperimen design factorial 2x2. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berada di kecamatan Balaraja kabupaten Tangerang. Sampel dalam penelitian ini adalah SDN Balaraja III Kecamatan Balaraja yang tersebar dalam dua kelas. kelas VC dan VD masing-masing berjumlah 30 siswa. Jumlah keseluruhan sampel yakni 60 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes kemampuan berpikir kreatif berupa tes uraian berjumlah 8 butir soal dan instrumen gaya kognitif berupa kuesioner berjumlah 25 butir soal. Data hasil kemampuan berpikir kreatif siswa dianalisis melalui uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, hasil uji normalitas menunjukkan bahwa variabel gaya kognitif dan kemampuan berpikir kreatif mempunyai nilai signifikansi > 0,05, yaitu 0,007 dan 0,06. hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa variabel kemampuan berpikir kreatif dan gaya kognitif mempunyai nilai signifikansi > 0,05, yaitu 0,821 dan 0,954. Sedangkan nilai Box’s M kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,327 sedangkan gaya kognitif sebesar 0,433 yang keduanya memiliki nilai > 0,05. Oleh karena itu, data penelitian dapat dinyatakan bersifat homogen.
Keyword: kemampuan berpikir kreatif, gaya kognitif, dan model pembelajaran
TM00005166 | TM 5166 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain