Text
Hubungan kemandirian belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur
HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KECERDASAN
EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PPKn PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PULOGADUNG
KOTA JAKARTA TIMUR 2017
(Studi Korelasional pada Peserta Didik Kelas V di SDN Rawamangun 12, SDI Al Azhar 13 Rawamangun, dan SDI At Taqwa Rawamangun Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2016/2017)
WAWAN KURNIAWAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn peserta didik di Kota Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik analisi regresi dan korelasi sederhana serta regresi dan korelasi ganda. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 12, SDI Al Azhar 13 Rawamangun, dan SDI At Taqwa Rawamangun Kecamatan Pulogadung Kota Jakarta Timur, dengan n = 131 dengan menggunakan teknik cluster random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar PPKn peserta didik, (2) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn peserta didik dan (3) terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar PPKn peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian, hasi belajar PPKn peserta didik dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemandirian belajar disertai kecerdasan emosional peserta didik, karena hasil verfikasi membuktikan bahwa kemandirian belajar dan kecerdasan emosional menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan.
Kata kunci: Kemandirian Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Hasil Belajar
PPKn peserta didik.
TM00005163 | TM 5163 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain