Text
Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA : studi eksperimen siswa di kelas V SDN 6/80 Sanrego
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR
KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
(Studi Eksperimen Siswa di Kelas V SDN 6/80 Sanrego)
CHAIRAN ZIBAR L. PARISU
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan
kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Metode yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 dengan jumlah responden
60 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 6/80 Sanrego. Analisis data
menggunakan analisis varian dilanjut dengan uji Tukey.Hasil penelitian ini adalah (1)
Hasil belajar IPA siswa sekolah dasar yang belajar dengan metode pembelajaran
TGT lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar yang belajar dengan
metode pembelajaran Talking Stick. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode
pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar IPA siswa
sekolah dasar. (3) Hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar yang memiliki
kemampuan berpikir kritis tinggi yang belajar dengan metode pembelajaran TGT
memiliki pengaruh lebih tinggi skor daripada siswa yang belajar dengan metode
pembelajaran Talking Stick. (4) hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar yang memiliki
kemampuan berpikir kritis rendah yang belajar dengan metode pembelajaran TGT
yang memiliki pengaruh lebih rendah dari pada siswa yang belajar dengan metode
pembelajaran Talking Stick.
Kata Kunci: metode pembelajaran, kemampuan bepikir kritis, hasil belajar
TM00005162 | TM 5162 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain