Text
Pengaruh relevansi kurikulum, perilaku belajar, dan ketahanmalangan terhadap kompetensi lulusan peserta program magang pada PT. Chevron Pasific Indonesia
RINGKASAN
Pendahuluan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala yang menunjukan
masih rendahnya kompetensi peserta magang. Pada awal program magang,
mentor memberikan penilaian bahwa peserta belum siap untuk terjun dalam
dunia kerja, baik secara ilmu maupun mental. Maka, diperlukan usaha yang
dapat meningkatkan kompetensi lulusan program magang. Penelitian ini
mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi lulusan program
magang untuk menemukan solusi dan penyelesaian dalam upaya
peningkatan kompetensi lulusan program magang. Berdasarkan informasi
umum di lapangan, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang
pengaruh relevansi kurikulum, perilaku belajar, dan ketahanmalangan
terhadap kompetensi lulusan peserta program magang pada PT Chevron
Pacific Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) pengaruh langsung
pada relevansi kurikulum terhadap kompetensi lulusan program magang
pada PT. Chevron Pacific Indonesia, (b) pengaruh langsung pada perilaku
belajar terhadap kompetensi lulusan program magang pada PT. Chevron
Pacific Indonesia, (c) pengaruh langsung pada ketahanmalangan terhadap
kompetensi lulusan program magang pada PT. Chevron Pacific Indonesia, (d)
pengaruh langsung pada relevansi kurikulum terhadap ketahanmalangan
lulusan program magang pada PT. Chevron Pacific Indonesia, (e) pengaruh
langsung pada perilaku belajar terhadap ketahanmalangan lulusan program
magang pada PT. Chevron Pacific Indonesia yang sudah bekerja, dan (f)
pengaruh langsung pada relevansi kurikulum terhadap perilaku belajar
lulusan program magang pada PT. Chevron Pacific Indonesia.
iv
Metode Penelitian
Metode dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis
jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah lulusan program
magang angkatan XIV dan XV di PT.Chevron Pacific Indonesia yang sudah
bekerja. Instrumen pengumpulan data pada penelitian berupa kuesioner yang
terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas menunjukan
bahwa 30 item valid pada kompetensi lulusan, 25 item valid pada relevansi
kurikulum, 23 item valid pada perilaku belajar, dan 34 valid item pada
ketahanmalangan. Uji reliabilitas menunjukan bahwa semua variabel
dinyatakan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,926 > 0,70.
Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji koefisien
regresi.
Hasil Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 113
sampel penelitian, diketahui bahwa pengujian prasyarat yang terdiri dari uji
normalitas, dan uji linieritas ketiganya telah terpenuhi. Oleh karena ketiga uji
prasyarat telah terpenuhi, maka tahapan selanjutnya dilakukan pengujian
hipotesis penelitian dan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) relevansi
kurikulum terbukti berpengaruh langsung positif terhadap perilaku belajar,
hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien beta 0,574 dan nilai
probabilitas kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), (2) relevansi kurikulum terbukti
berpengaruh langsung positif terhadap ketahanmalangan, hasil tersebut
ditunjukkan dengan nilai koefisien beta 0,245 dan nilai probabilitas kurang
dari 0,05 (0,023 < 0,05), (3) ketahanmalangan terbukti berpengaruh langsung
positif terhadap kompetensi lulusan, hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai
koefisien beta 0,205 dan nilai probabilitas kurang dari 0,05 (0,019 < 0,05), (4)
perilaku belajar terbukti berpengaruh langsung positif terhadap
ketahanmalangan, hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien beta
v
0,217 dan nilai probabilitas kurang dari 0,05 (0,043 < 0,05), (5) relevansi
kurikulum terbukti berpengaruh langsung positif terhadap kompetensi lulusan,
hasil tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien beta 0,217 dan nilai
probabilitas kurang dari 0,05 (0,029 < 0,05), dan (6) perilaku belajar terbukti
berpengaruh langsung positif terhadap kompetensi lulusan, hasil tersebut
ditunjukkan dengan nilai koefisien beta 0,302 dan nilai probabilitas kurang
dari 0,05 (0,002 < 0,05).
DD00002158 | D 2158 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain