Text
Evaluasi program pelayanan pengaduan masyarakat dan mediasi sengketa pelanggaran hak anak di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
EVALUASI PROGRAM PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT
DAN MEDIASI SENGKETA PELANGGARAN HAK ANAK
DI KOMISI PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA (KPAI)
NASWARDI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelayanan pengaduan masyarakat dan mediasi sengketa pelanggaran hak anak di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Penelitian difokuskan pada divisi pengaduan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Discrepancy Evaluation Model (DEM), dimana peneliti melakukan analisis data sesuai dengan tahapan evaluasi DEM yakni desain, instalasi, proses dan produk. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, diskusi kelompok terfokus dan data pendukung internal KPAI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub fokus penelitian pada desain program menghasilkan skor nilai tiga artinya ketimpangan yang rendah. Hal ini menggambarkan bahwa desain program sudah baik. Sub fokus instalasi program mendapatkan nilai delapan artinya ketimpangan yang cukup rendah dan menggambarkan instalasi program cukup baik. Sub fokus proses pelaksanaan program menghasilkan skor nilai sepuluh artinya ketimpangan cukup tinggi dan menggambarkan bahwa proses pelaksanaan program perlu ditingkatkan baik dari aspek organisasi, tatalaksana dan sumber daya manusia pelayanan. Sub fokus produk menghasilkan nilai sepuluh artinya ketimpangan tinggi. Hal ini menggambarkan bahwa produk dari pelayanan pengaduan dan mediasi sengketa pelanggaran hak anak di KPAI, membutuhkan perbaikan dan peningkatan.
Penelitian ini menemukan beberapa kelemahan substansial dalam pelaksanaan program oleh KPAI. Keterbatasan sumber daya manusia, struktur organisasi yang tidak efektif, sistem informasi pelayanan yang terbatas, tidak adanya sistem manajemen mutu dalam pelayanan dan ketersediaan sarana, prasarana serta fasilitas yang belum ramah bagi pengguna layanan. Hal ini menjadi masalah utama yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas program pelayanan pengaduan masyarakat dan mediasi sengketa pelanggaran hak anak di KPAI.
Kata Kunci: Evaluasi, Program, Pelayanan, Pengaduan, Mediasi, Sengketa, Pelanggaran, Hak Anak.
DD00002165 | D 2165 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain