Text
Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol minat belajar matematika : studi eksperimen pada siswa kelas XI semester 2 SMKN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR
KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
MENGONTROL MINAT BELAJAR MATEMATIKA
(Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Bandar Lampung
Propinsi Lampung)
ELEN EDUAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan
kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol
minat belajar matematika siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Propinsi
Lampung pada tahun pelajaran 2014/2015. Jumlah sampel dalam penelitian ini 72
siswa kelas XI, dipilih dengan menggunakan random sampling.Penelitian atau
eksperimen ini menggunakan 2 x 2 faktorial. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bandar Lampung. Eksperimen ini mengambil metode
pembelajaran dan klasifikasi sekolah sebagai factor perlakuan dan hasil belajar
matematika sebagai variable terikat, dan minat siswa sebagai covariabel atau
covariate. Metode pembelajaran dilakukan terhadap siswa SMK Negeri 1 Kelas XI
Akuntansi1 dan XI Akuntansi 2, dan masing-masing diajar dengan metode deduktif
daninduktif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan, hasil belajar matematika
siswa dipengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa untuk setiap model
pembelajaran, (2) Secara keseluruhan, hasil belajar matematika siswa yang diajar
dengan model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada siswa ang diajar dengan
model pembelajaran konvensional, (3) Pengaruh linier minat belajar siswa terhadap
hasil belajar matematika memiliki perbedaan yang tidak signifikan antara kelas untuk
setiap model pembelajaran, (4) Pengaruh linier minat siswa terhadap hasil belajar
matematika memiliki perbedaan yang tidak signifikan antara model pembelajaran
setiap kelas, (5) Hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen lebih tinggi
dari kelompok kontrol untuk setiap model pembelajaran setelah memperhitungkan
pengaruh linier minat siswa terhadap matematika, (6) Hasil belajar matematika siswa
yang diajar dengan model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada siswa yang diajar
dengan model pembelajaran konvensional setelah memperhitungkan pengaruh linier
minat siswa terhadap matematika.
Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan
minat belajar.
DD00002171 | D 2171 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain