Text
Pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan menulis narasi : penelitian eksperimen pada mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas PGRI Palembang
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI
(Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Di Universitas PGRI Palembang)
Muhammad Ali
(muhammad.ali@univpgri-palembang.ac.id)
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meneliti pengaruh dari model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan menulis karangan narasi mahasiswa semester II Program Studi Bahasa Indonesia Universitas Pgri Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain ANAVA dua jalur dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa; (1) Keterampilan menulis narasi mahasiswa yang diajarkan dengan model PBL lebih baik daripada mereka yang diajarkan dengan model TBL, (2) Keterampilan menulis narasi mahasiswa yang memiliki gaya belajar FI lebih baik daripada mereka yang belajar dengan gaya belajar FD, (3) Terdapat interaksi diantara model pembelajaran, gaya belajar, dan keterampilan menulis narasi, (4) Hasil keterampilan menulis mahasiswa yang memiliki gaya belajar Field Independent dan gaya belajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada keterampilan menulis narasi mereka yang memiliki gaya belajar Field Independent dan belajar dengan model pembelajaran TBL, (5) Hasil keterampilan menulis mahasiswa yang memiliki gaya belajar Field Dependent dan belajar dengan model pembelajaran PBL tidaklah lebih baik daripada gaya belajar mereka yang memiliki gaya belajar Field Dependent dan belajar model pembelajaran TBL. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL lebih efektif daripada model pembelajaran TBL dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi. Gaya belajar juga dapat mempengaruhi keterampilan menulis narasi karena adanya interaksi diantara model pembelajaran, gaya belajar dan keterampilan menulis narasi.
Kata kunci: Keterampilan Menulis Narasi, Gaya Belajar, Model Pembelajaran
DD00002181 | D 2181 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain