Text
Model materi ajar membaca berbasis Content and Language Integrated Learning (CLIL) : penelitian pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo
MODEL MATERI AJAR MEMBACA BERBASIS
CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL)
(Penelitian Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo)
SALAM
e-mail: salamtolaki@ung.ac.id
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model materi ajar membaca
berbasis Conten and Language Integrated Learning (CLIL) yang sesuai
dengan kebutuhan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia Universitas Negeri Gorontalo. Pengembangan materi ajar
membaca menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode
penelitian dan pengembangan (R & D). Hasil penelitian menunjukkan: (i)
muatan materi ajar membaca harus memuat penjelasan mengenai strategi
pemahaman bacaan dan penerapannya, latihan penggunaan strategi
pemahaman bacaan, serta tipe, genre, dan topik teks yang bervariasi. (ii)
Materi ajar membaca yang digunakan saat ini memiliki kekurangan dari aspek
isi, organisasi, bahasa, layout, dan kelengkapan pendukung. (iii) Hasil telaah
dan penilaian pakar materi ajar sangat layak digunakan dengan rerata
penilaian 4.22. (iv) Persepsi mahasiswa adalah sangat layak (4.45) dan
persepsi dosen (4.37). (v) Efektivitas materi ajar ditunjukkan nilai thitung sebesar
3.763 dan nilai ttabel pada α = 0.05 sebesar 3.182. Nilai signifikansi uji-t adalah
0.000 lebih kecil dari 0.05, artinya H0 ditolak. Implikasi penelitian: (i)
pengembangan materi ajar harus didasarkan pada hasil analisis kebutuhan
dan kajian teoretik secara komprehensif, dan (ii) materi ajar ini dikembangkan
untuk memenuhi tuntutan kebutuhan pembelajaran mata kuliah membaca.
Saran penelitian: (i) materi ajar ini dapat digunakan dalam proses perkuliahan
mata kuliah Membaca Komprehensi, (ii) dosen harus memberikan
pengalaman belajar mahasiswa dengan menggabungkan banyak proses
berpikir, dan (iii) penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan
penelitian pengembangan materi ajar lainnya.
Kata Kunci: Pengembangan materi ajar, penelitian dan pengembangan,
pembelajaran membaca
DD00002187 | D 2187 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain