Text
Nilai pendidikan lingkungan hidup dalam buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII, VIII, dan IX kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud
Eksistensi manusia di bumi ini tidak pernah lepas dari segala bentuk aktivitasnya. Semua aktivitasnya senantiasa berinteraksi dengan lingkungan tempat mereka berada. Dalam melaksanakan aktivitasnya, ada manusia yang mengambil sesuatu atau memberikan sesuatu pada lingkungannya dan ada juga manusia yang merusak lingkungannya sendiri. Masalah lingkungan yang ada pada saat ini adalah kebutuhan manusia yang terus meningkat selaras dengan perkembangan ilmu, teknologi, gaya hidup dan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII, VIII dan IX Kurikulum 2013 Kemendikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan data kualitatif, yaitu data digambarkan dengan kata- kata yang dipisah –pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Untuk data kualitatif ini akan dianalisis dengan deskriptif analitik yaitu usaha mengumpulkan dan menyusun suatu data diusahakan ada analisis dan interpretasi data tersebut. Dan mengunakan data analisis isi (content analiysis). Dengan mengunakan metode diatas peneliti ini dapat memberikan beberapa kesimpulan bahwa buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kurikulum 2013 telah memuat nilai Pendidikan Lingkungan Hidup. Nilai Pendidikan Lingkungan Hidup yang termuat dalam buku ajar PAI dan Budi Pekerti mencakup definisi lingkungan hidup. Contoh penerapan lingkungan hidup dan pencegahan kerusakan lingkungan.
Human existence on earth is never separated from all forms of activity. All activities always interact with the environment where they are. In carrying out its activities, there are people who take something or give something to the environment and there are also people who damage their own environment. Environmental problems that exist at this time is a human need that continues to increase in harmony with the development of science, technology, lifestyle and development of the times. The purpose of this study is to find out how the application of Environmental Education in the Book of Islamic Education and Budi Pekerti class VII, VIII and IX Curriculum 2013 Kemendikbud. The method used in this research is qualitative data processing, ie data is described with words separated by category to obtain conclusion. For this qualitative data will be analyzed by analytical descriptive that is effort collect and arrange a data cultivated there is analysis and interpretation of data. And using content analysis data (content analiysis). By using the method above this researcher can give some conclusion that textbook of Education of Islam Religion and Characteristic of curriculum 2013 has contained value of Environmental Education. The value of Environmental Education contained in textbooks of PAI and Budi Pekerti covers the definition of the environment. Examples of environmental application and prevention of environmental damage.
SS00016484 | SK 16484 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain