Text
Persepsi mahasiswa tentang efektivitas program Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dalam peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang efektivitas praktik keterampilan mengajar (PKM) dalam peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa program studi pendidikan sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan jawaban responden dalam bentuk pemaparan atau penjelasan disertai tabel frekuensi dan persentase. Populasi target dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan sejarah yang sudah melaksanakan praktik keterampilan mengajar (PKM) sedangkan populasi terjangkaunya adalah mahasiswa program studi pendidikan sejarah angkatan 2013 tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian diambil dari populasi terjangkau sehingga didapatkan 37 mahasiswa yang sudah melaksanakan PKM tersebar di daerah Jakarta dan sekitarnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebanyak 44 butir yang sudah di uji cobakan terlebih dahulu kepada 20 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa sebagai calon pendidik , sehingga PKM dapat mengembangkan kemampuan dan wawasannya. Yang terpenting ini menunjukkan mahasiswa mampu melakukan 8 komponen dasar keterampilan mengajar, walaupun ada beberapa hambatan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran namun mahasiswa sebagai guru praktik dapat mengatasi hal tersebut agar proses pembelajaran tetap berjalan dengan efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa, program Praktik Keterampilan Mengajar dalam meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa program studi pendidikan sejarah dikatakan efektif (76%-100%).
This research aims to get empirical data about the effectiveness of practice teaching skills (PKM) in capacity education student teaching history. The methods used in this research is descriptive method with engineering survey. The data obtained through the dissemination of the questionnaire to respondents. Technique of data analysis conducted is a quantitative descriptive analysis technique that is described in the form of exposure respondent answer or explanation accompanied by a table of frequency and percentage. The target population in this research is the students of history education programs that have implemented the practice of teaching skills (PKM), while the inaccessible population is a student of history education program class of 2013 year 2016/2017. The sampling technique using simple random sampling. The sample was taken from the affordable population to get 37 students who have implemented PKM spread in Jakarta and surrounding areas. The instrument used in this research is a questionnaire of 44 items that have been tested first to 20 respondents.
The result of this research show that practice of program teaching skills (PKM) provide a real experience for students as prospective aducators, so that it can develop the capabilities of PKM and his insight. Most importantly it shows students being able to do basic teaching skills 8 components, althought there are some of the obstacles faced in the learning activities of student as a teacher but the practice can be overcome in order to process learning still run effectively. Then in can be inferred that, programs practices of teaching skills in teaching and improve students education history is said to be effective (76%- 100%)
SS00016482 | SK 16482 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain