Text
Pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Prancis XI Tata Boga 2 SMK N 27 Jakarta : suatu penelitian etnografi
Skripsi berupa penelitian yang berjudul Pembelajaran Menyimak dan Berbicara Bahasa Prancis Kelas XI Tata Boga 2 SMK Negeri 27 Jakarta ditujukkan sebagai salah satu syarat kelulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Prancis kelas XI Boga 2 di sekolah yang dimaksud. Penelitian dilaksanakan dalam rentang waktu sejak bulan Agustus hingga bulan Desember 2017. Instrument yang digunakan ialah peneliti sendiri dibantu dengan transkripsi hasil pengamatan lapangan, hasil wawancara, hasil angket RPP dan silabus Pembelajaran bahasa Prancis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, angket dan dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis Cambra Giné (2003:109-111) yaitu, analisis sekuen pada proses pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Prancis kelas XI Tata Boga 2, analisis kategorial berdasarkan komponen pembelajaran yaitu materi, metode, dan evaluasi, serta analisis teoritik yang merupakan penjabaran secara dari analisis analisis kategorial dari pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Prancis kelas XI Tata Boga 2. Hasil penelitian selama 5 (lima) kali ini mengungkapkan bahwa pembelajaran menyimak dan berbicara bahasa Prancis kelas XI Tata Boga 2 berjalan dengan baik meskipun tidak secara keseluruhan. Sebanyak 70% dari jumlah kesulurahan siswa menganggap materi bahasa Prancis sesuai dengan jurusan siswa, yaitu jurusan tata boga/memasak, restoran. Untuk metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama satu semester merupakan audio lingual dan pendekatan komunikatif. Sedangkan evaluasi yang diberikan guru pada Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester tidak terdapat test menyimak dan test berbicara secara individual. Penelitian ini juga menunjukkan unsur budaya seperti tingkah laku guru dan siswa, interaksi guru dan siswa dan kebiasaan siswa serta guru.
Undergraduate Thesis in the form of research entitled Learning Listening and Speaking French Class XI Culinary 2 SMK Negeri 27 Jakarta aims to as one of the requirements of graduation in the French Language Education Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. The purpose of this study is to describe the learning process of listening and speaking French class XI Tata Boga 2 in that school.
The study was conducted in the period from August to December 2017. The instrument used was the researcher himself assisted by transcripts of field observations, interview results, RPP questionnaire results and the French Learning syllabus. Data collection techniques used are observations, interviews, questionnaires and documents. The collected data was analyzed by Cambra Giné (2003: 109-111) analysis technique such as, sequence analysis on learning process listening and speaking French class XI Tata Boga 2, categorical analysis based on learning components are material, method, and evaluation, and then analysis theoretical interpretation of the categorical analysis of learning listening and speaking French class XI Tata Boga 2.
The results of this research for 5 (five) times revealed that learning listening and speaking French class XI Tata Boga 2 went well though not as a whole. As many as 70% of the total degree of students 'disloyalty considers French material in accordance with the students’ department, which is the department of cooking/restaurant. For the learning method used by the teacher during one semester is a lingual audio and communicative approach. While the evaluation given by the teacher in the mid semester and final semester there is no test listening and test speak individually. This study also shows cultural elements such as the behavior of teachers and students, the interaction of teachers and students and the habits of students and teachers.
SS00016536 | SK 16536 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain