Text
Implementasi penggunaan media audio visual terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun
Problematika pembelajaran PAI sudah menjadi rahasia umum. Mulai dari siswa jenuh ketika proses pembelajaran, guru yang hanya menggunakan metode ceramah, media yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, dan lain sebagainya. Sehingga peneliti ingin mengetahui implementasi penggunaan media audio visual pada mata pelajaran PAI terhadap pemahaman siswa di SMPI Al-Azhar 12 Rawamangun, baik dari perencanaan, pelaksanaan, pendapat siswa terhadap penggunaan media audio visual, dan hasil belajar siswa. Pengertian dari media audio visual adalah suatu representasi (penyajian) yang dapat dirasakan oleh indera penglihatan dan pendengaran yang tujuannya memperlihatkan pengalamanpengalaman pendidikan yang nyata kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif yang menjadikan guru sebagai informan. Sumber data didapat melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian menghasilkan kesimpulan yaitu implementasi penggunaan media audio visual terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMPI Al-Azhar 12 Rawamangun sudah dilakukan dengan baik, dapat dilihat dari perencanaan berupa RPP dan pelaksanaannya di dalam kelas yang sesuai, hasil pendapat siswa pada semua aspek dinyatakan berhasil pada penggunaan media audio visual dan dari hasil belajar siswa yang masuk pada kategori amat baik.
The problematic issues occurring around PAI learning have been an open secret for everyone. Starting from the dullness students feel in the learning process, the monotonous method used by the teacher in delivering the subject which solemnlyfocuses on lecturing, till the not maximally utilised media for learning process used in the classroom activity, and so on. Due to the issues mentioned earlier, the researcher of this study was aiming to discover the impact of implementing the audio visual media towards students' comprehension on PAI subject at SMPI Al Azhar 12 Rawamangun in term of lesson planning and execution, students' opinions toward the applied media, and students' learning results. Understanding of the audio visual media is a representation (representation) that can be perceived by the senses of sight and hearing that goal showed the experiences of a real education to students. The method employedwas qualitative method which sets the teacher as an informant. The data sources were gained through observations, interviews, questionnaires, and documentations. This study concluded that the implementation of audio visual media towards students' comprehensionon PAI subject at SMPI Al Azhar 12 Rawamangun had been successfully employed as seen in the lesson planning in form of RPP and the execution of it was appropriate, the result of the opinions expressed on all aspects of student had been successfully on the use of audio visual media and so the learning results of the students that came out excellent.
SS00016518 | SK 16518 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.4.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain