Text
Hubungan antara konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 44 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara Konsep Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung mulai bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 44 Jakarta sebanyak 604 siswa. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 67 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 58 siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Data variabel X1, X2 dan Y merupakan data primer menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data menggunakan SPSS 22,0. Hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 34,991 > Ftabel 3,16, hal ini berarti secara serentak X1 dan X2 berhubungan dengan Y. Uji t menghasilkan thitung X1 8,057 > ttabel 1,673, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal. Kemudian, uji t menghasilkan thitung X2 2,140 > ttabel 1,673, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan persamaan regresi berganda Ϋ = 2,000 + 0,694X1 + 0,212X2. Uji koefisien determinasi (R2) sebesar 56% yaitu masingmasing variabel X1 dan X2 menyumbang pengaruh sebesar 56% kepada Y dan sisanya 44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Konsep Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya
The purpose of this research is to know the relationship between Self Concept and Peer Social Support with Interpersonal Communication on students of Administration Offices First Level at Vocational High School 44 Jakarta. This research was conducted for three months since November 2017 until January 2018. The method of this research is using survey method with correlation approach. The population in this research were all students at Vocational High School 44 Jakarta amounted to 604 students. Population affordability are students of first level class administration offices who that have students as many as 67 people. Sample used as many as 58 students by using proportional random simple technique. X1, X2 and Y are a primer variable using a questionnaire with Likert scale. Data analysis technique using SPSS 22,0. F test result is Fcount 34,991 > Ftable 3,16, in this case X1 and X2 variables simultaniously has relationship with Y variable. t test produce X1 tcount 8,057 > ttable 1,673, it means there is positive and significant relationship between X1 with Y. X2 tcount 2,140 > ttable 1,673, it means there is positive and significant relationship between X2 with Y. Based the analysis of multiple regression equation Ϋ = 2,000 + 0,694X1 + 0,212X2. Based of determination coefficient (R2) test obtained value 56% which means self concept (X1) and peer social support (X2) have an effect on interpersonal communication (Y) equal to 56% and the rest 44% influenced by other variables that are not researched.Keywords: Interpersonal Communication, Self Concept, Peer Social Support
SS00016548 | SK 16548 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain