Text
Hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Gita Kirti 2 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu hubungan antara Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Gita Kirti 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 3 (Tiga) bulan, yaitu terhitung dari bulan Oktober 2017 sampai dengan Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X administrasi perkantoran yang berjumlah 65 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 74,76 + 0.06X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0.04977, sedangkan Ltabel untuk n = 65 pada taraf signifikan 0.05 adalah 0.10989 Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,83 < 1.95, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 6,55 > 3,99, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung = 2.56 dan t tabel = 1.99 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.307 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 9,42% yang menunjukan bahwa 9.42% variabel Hasil Belajar ditentukan oleh Fasilitas Belajar. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara Fasilitas belajar dengan Hasil belajar. Dari perhitungan itu pula maka dapat diinterpretasikan bahwa fasilitas belajar mempengaruhi hasil belajar. Semakin baik fasilitas belajar, maka semakin baik pula hasil belajar pada siswa. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah fasilitas belajar, maka semakin rendah pula hasil belajar pada siswa SMK Gita Kiri 2 Jakarta.
This study aims to determine a relationship between Learning facilities with Learning Outcomes in Office Classroom Office X Classroom Office Administration at SMK Gita Kirti 2 Jakarta. This research is conducted for 3 (three) months, that is derivative from October 2017 until December 2017. The research method used is survey method with correlational approach. Population in this research is class X student of office administration which need 65 person. The sampling technique used is random sampling technique. The resulting regression equation is Ŷ = 74.76 + 0.06X. Yanti X with liliefors test yields Lhitung = 0.04977, while Ltabel for n = 65 at significance level 0.05 is 0.10989 Because Lhitung
SS00016547 | SK 16547 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain