Text
Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis pada siswa administrasi perkantoran SMK Bina Pangudi Luhur di Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis pada siswa SMK Bina Pangudi Luhur, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen enkuivalen group design. Populasi terjangkaunya adalah siswa Kelas X Administrasi Perkantoran I dan X Administras Perkantoran II. Teknik pengambilan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga didapatkan jumlah sampel 72 responden. Data variabel Y (Keterampilan Menulis) merupakan data sekunder, Teknik pengumpulan data menggunakan hasil ujian keterampilan menulis siswa pada materi surat dinas. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homegenitas, dan uji hipotesis menggunakan Uji Z.
Menentukan Z tabel dengan uji dua pihak α/2 = 0.05/2 = 0.025. Luas kurva F(z) = 0.5 – 0.025 = 0.475. dapat di lihat pada Z tabel, koordinat Z tabelnya = 1.96. Z tabel merupakan z critical two-tail sebesar 1.96. Berdasarkan tabel tersebut dapat dilihat Z hitung sebesar -7.741 dan Z tabel uji dua pihak berada pada kisaran -1.95 sampai dengan 1.95 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Z hitung = -7.741 < Z tabel= -0.196.
Dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest kelas eksperimen dengan nilai pretest kelas kontrol. Karena nilai Z = -7.741, berada pada daerah penolakan Ho maka tolak Ho. Dengan demikian terdapat perbedaan keterampilan menulis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada saat posttest. Jadi, Terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis siswa kelas X SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta Timur.
This research aims to determine whether there is influence contextual learning model of writing skills on students SMK Bina Pangudi Luhur, East Jakarta. This research uses quasi experimental method of enquivalent group design. Its affordable population is the students of Class X Administration Office I and X Administration Office II. The retrieval technique using purposive sampling technique. So get the sample number of 72 respondents. Y variable data (Writing Skill) is secondary data, Technique of data collecting using result of student writing skill test on official letter material. Data analysis techniques performed are test requirements analysis consisting of normality and homegeneity test, and hypothesis test using the test z.
Based on the result of the analysis, it is known that there is an influence between the learning model and the writing skill of Z-arithmetic = 0.387, while Z-table 1.644 for significance level α = 0.05. It can be concluded that the value of Zarithmetic Z -tables, therefore the hypothesis of research that states that there is a positive effect of contextual learning model on writing skills class X AP students are accepted and have the meaning of contextual learning model has a positive influence on writing skills of class X AP AP Office Administration.
SS00016554 | SK 16554 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2018.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain