Text
Produksi kampanye politik media sosial sebagai Life politics dalam demokrasi digital : studi analisis produksi konten media sosial resmi Anies Sandi (Jakarta maju bersama)
Studi ini secara fokus mendeskripsikan produksi kampanye politik melalui media sosial yang dilakukan oleh calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno melalui platform Facebook, Instagram dan Twitter. Kampanye dilakukan oleh tim Jakarta Maju Bersama.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pemaparan deskriptif, yang disertai dengan sejumlah perolehan data yang menunjukan bahwa Anies-Sandi mengedepankan kampanye informative, marketable, dan entertaining. Penyampaian pesan politik yang melalui visual dalam bentuk video maupun gambar dan foto secara tidak langsung memunculkan fenomena baru yang dipopulerkan oleh ilmuwan sosial Zygmunt Bauman: Life Politics. Hasil temuan menunjukan bahwa kampanye Jakarta Maju Bersama memiliki kesatuan konsep dan komando terhadap tim pemenangan dan tim relawan. Sedangkan relawan lawannya, Ahok memiliki relawan yang sporadis. Kampanye di media sosial juga merupakan kampanye yang tidak hanya menunjukan gagasan kampanye melainkan juga aspek hiburan. Hal teresbut merupakan ragam dari yang namanya life politics. Dalam konsep life politics merupakan fenomena politik dimana terdapat pembauran antara privat dan public serta hiburan dan politik. Sedangkan dari aspek demokrasi digital, pemanfaatan media sosial Anies-Sandi merupakan kritik dari teori Gamble dan gamble dalam penggunaan media sosial.
The study aims to describe the production of social media campaign which is conducted by Jakarta’s Governor and Vice Governor candidate, Anies Baswedan and Sandiaga Uno.the object of study analysis towards Facebook, Instagram and twitter as a parts of social media.
This research uses qualitative method with descriptive explanation, accompanied by a number of data acquisition which shows that Anies-Sandi put forward an informative, marketable, and entertaining. Political message wich uploaded in social media via visual images videos shows how Anies-Sandi just like Politician that stated Zygmunt Bauman in the liquid modernity called life politics.
The results is political campaign in social media more or less has one commando on Jakarta Maju Bersama. Wich is volunteer and official winning team has one concepts. The incumbent, in other hand doesn’t or sporadic.AniesSandi are candidate from Ahok’s Antithesis. Anies-Sandi Images is religious, homourous, and refuse reclamation Wich is refer to life politics as Bauman said. In digital democracy aspect, social media campaign shows as a Gamble-gamble’s critics on social media usages.
SS00016494 | SK 16494 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain