Text
Evaluasi program pelatihan parenting bagi orang tua murid di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Karakter Azzaroofah, Lubang Buaya, Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuanpuntuk mengetahui tingkat keberhasilan program pelatihan parenting. Serta mengevaluasi kekuatanpdan kelemahanpprogram pelatihan parentingpuntuk digunakanpsebagai masukan bagippenyelenggara yaitu sekolah Madrasah Ibtidaiyah Karakter Azzaroofah, Lubang Buaya, Jakarta Timur.
Penelitiangevaluasi ini dilakukan denganpmetode survey. Sampel dalam penelitiaan ini adalah seluruh populasi yaitu peserta pelatihan berjumlah 45 orang. Pengumpulan data angket/kuesioner yang ditujukan kepada peserta pelatihan. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif deskripsi.
Hasil uji validitas dan reliabilitas yaitu 25 pertanyaan dikatakan valid dan reliabilitas tinggi. Nilai keberhasilan program pelatihan parenting ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context,Input, Process, Product) yang diperoleh pada dimensi Context (konteks) yang terdiri dari identifikasi kebutuhan dan perumusan tujuan sebesar 53,3% (cukup baik) karena berada pada rentang 40%-59%, Dimensi input (masukan) yang terdiri dari desain pelatihan,narasumber,peserta,jadwal pelatihan,sarana dan prasarana sebesar 67% (baik) karena berada pada rentang 60%-79%, Dimensi Process (proses) yang terdiri dari pelaksanaan pelatihan dan metode narasumber sebesar 63,3% (baik) karena pada rentang 60%-79%, Dimensi Product (hasil) yang terdiri dari pengetahuan peserta dan penerapan peserta sebesar 69,9% (baik) karena berada pada rentang 60%-79%.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu program pelatihan parenting bagi orang tua murid di sekolah madrasah ibtidaiyah karakter, Lubang Buaya Jakarta Timur ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) telah berjalan dengan baik.
This study aims to determine the success rate of parenting training programs. As well as evaluating the strengths and weaknesses of parenting training programs to be used as inputs for organizers are Madrasah Ibtidaiyah Karakter Azzaroofah, Lubang Buaya, East Jakarta.
This research is evaluated by survey method. The sample in this research is the entire population of 45 participants. Questionnaire data collection / questionnaire addressed to trainees. Technical analysis of data used is technical analysis of quantitative data description.
Result of validity and reliability test that is 25 question say valid and high reliability. The value of the success of the parenting training program is reviewed by the CIPP evaluation model (Context, Input, Process, Product) obtained in Context dimension consisting of needs identification and goal formulation of 53.3% (good enough) because it is in the range of 40% -59%. The input dimension (input) consisting of training design, resource persons, participants, training schedule, facilities and infrastructure is 67% (good) as it is in the range of 60% -79%, Process Dimension consisting of implementation training and resource method is 63,3% (good) because in range 60% -79%, Product Dimension (result) consisting of participant knowledge and application of participant is 69,9% (good) because it is in the range 60% -79 %.
The conclusion of this research is parenting training program for parents in Madrasah ibtidaiyah characters school, Lubang Buaya, East Jakarta evaluated by CIPP evaluation model (Context, Input, Process, Product) has been running well.
SS00016589 | SK 16589 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain