Text
Gambaran resiliensi siswa Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan : survey pada siswa SMA Negeri Ragunan
Survey ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai gambaran resiliensi siswa di Sekolah Khusus Olahragawan (SMA Negeri Ragunan). Populasi pada penelitian ini berjumlah 403 siswa dengan sampel 120. Teknik sampel yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling yang diwakili oleh lima siswa laki-laki dan lima siswi perempuan dari masing-masing kelas. Dalam survei ini, pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang berisi 54 pernyataan berdasarkan teori resiliensi(Reivich & Shatte, 2002). Uji validitas menunjukkan hasil bahwa 40 item dinyatakan valid dan dapat diandalkan (0.937). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (88%) di Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan cenderung memiliki kemampuan resiliensi yang tinggi. Perbedaan jenis kelamin tidak mempengaruhi kemampuan resiliensi pada siswa. Disarankan bagi guru bimbingan dan konseling, serta pemangku kebijakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan resiliensi terutama pada siswa dengan kategori sedang yang dapat dilakukan dengan memberikan peningkatan mutu pada layanan psikologis atau mental juara pada siswa. Sementara itu, khusus pada guru bimbingan dan konseling agar mulai terlibat langsung selama program latihan rutin dan persiapan sebelum mengikuti perlombaan.
This survey aimed to obtain information on students resilience at Ragunan sport high school. The population was 403 students with 120 sample. Sampling method used proportional stratified random sampling which each class represented by five men and five women students. In this survey, data collection employed is questionnaire which contains 54 statements based on Reivich and Shatte’s resilience theory (2002). Validity test show that 40 items are valid and reliable (0.937). The results showed that most of students at Ragunan sport high school tend to have high resilience (88%). Gender differencess does not affect resilience. It is recommended that guidance and counseling teacher, as well as its stakeholder to maintain and improve the ability of resiliensi especially on students with moderate category which can be done by providing improved quality on psychological services or mental of champions on the students. Meanwhile, the teacher's guidance and counselling in order to start directly involved more during a regular exercise program and preparation program before competition to involve more during regular exercise and preparation program before competition.
SS00016583 | SK 16583 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain