Text
Pengaruh biblioterapi dalam layanan konseling kelompok terhadap peningkatan empati siswa SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai : studi penelitian pre eksperimen di SMP Islam AL-Azhar 6 Jakapermai : studi pe
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik biblioterapi dalam konseling kelompok terhadap peningkatan empati siswa SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen empati yang dikembangkan oleh Mark H. Davis dengan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha sebesar 0,696. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon Match Pairs. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai asymp sig. sebesar 0,027 < 0,05 (α) diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara gain score dari hasil skor posttest dan pretest pada kelompok eksperimen, sehingga penelitian menerima Ha dan menolak Ho. Dengan demikian, konseling kelompok dengan teknik biblioterapi memberi pengaruh efektif dalam meningkatkan empati siswa.
This study aims to determine whether the technique of bibliotherapy in group counseling affects the increase of empathy of Islamic junior high school students Al-Azhar 6 Jakapermai. The research method used is preexperiment with one-group pretest-posttest design. The populations in this study were students of Islamic Junior High School Al-Azhar 6 Jakapermai. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling. The instrument used in the study is an empathy instrument developed by Mark H. Davis with reliability using Cronbach's Alpha of 0.696. Hypothesis testing was performed using Wilcoxon Match Pairs. The result of hypothesis testing shows that asymp sig value. of 0.027
SS00016597 | SK 16597 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain