Text
Pengembangan blended learning untuk mata kuliah pengantar organisasi belajar di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan blended learning berdasarkan model Integrative Learning Design Framework dengan melalui tiga tahapan yakni eksplorasi, penyusunan, serta evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, dengan responden yakni ahli desain pembelajaran 1 orang, ahli media 1 orang, ahli materi 1 orang, responden pada tahap one-to-one 5 orang, dan responden pada tahap small group berjumlah 10 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yaitu (1) tahap eksplorasi: melakukan eksplorasi mengenai informasi-informasi yang dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan desain pembelajaran blended; (2) tahap penyusunan: melakukan penyusunan terhadap produk yang dikembangkan, merujuk pada hasil dalam tahap eksplorasi berupa desain pembelajaran blended, prototype media pembelajaran serta penyusunan keseluruhan program blended learning; dan (3) tahap evaluasi: melakukan uji coba atau evaluasi untuk mengetahui hasil pengembangan yang telah dilakukan. Hasil ujicoba produk pengembangan pada tahap expert review ahli desain pembelajaran menunjukkan kategori baik dengan persentase 86.95%, hasil expert review media menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 100%, hasil expert review materi menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 79,41%, hasil ujicoba one-to-one menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang ditunjukkan dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 3.65, dan hasil ujicoba Small Group menunjukkan hasil dengan kategori “sangat baik” yang ditunjukkan dengan rata-rata produk hasil ujicoba sebesar 3.67. Implikasi hasil penelitian ini adalah secara umum produk yang dihasilkan dapat menjadi suatu intervensi untuk memfasilitasi belajar melalui rancangan pembelajaran dengan format blended. Berdasarkan keterbatasan yang ada di pembelajaran sebelumnya yang masih menerapkan format tatap muka secara penuh, pembelajaran blended ini menawarkan solusi untuk memecahkan keterbatasan tersebut melalui penyediaan materi pembelajaran secara daring agar mahasiswa dapat belajar secara efektif.
The purpose of this research is to develop blended learning based on Integrative Learning Design Framework model through three stages: exploration, enactment, and evaluation. This research was conducted in Education Technology Study Program, State University of Jakarta, with respondents namely 1 person for instructional design expert, 1 person for instructional media expert, 1 person for material expert, 5 people in one-to-one evaluation, and respondents at small group amounted to 10 people. This research was conducted using development research method consisting of three stages, (1) exploration stage: exploring information that can be used as reference for the development of blended learning design; (2) enactment stage: compiling the developed product, referring to the results in the exploration stage in the form of blended learning design, prototype of instructional media and the overall of blended learning program; and (3) evaluation stage: conducting trials or evaluations to determine the results of the development that has been done. The results of the experimental product test at the expert review stage of instructional design expert showed good category with the percentage of 86.95%, the result expert review of instructional media showed good result with 100% percentage, the result of subject matter expert review showed good result with the 79,41% percentage, the one-to-one showed the results with the "excellent" category shown by the average of 3.65 test results, and the results of the Small Group trial showed the results with the "excellent" category shown by the average of 3.67 test results. The implications of this research are, in general, the resulting product can be an intervention to facilitate learning through blended learning design. Based on the limitations of previous learning that still apply full face to face format, blended learning offers solutions to solve these limitations through the provision of learning materials online so that students can learn effectively.
SS00016594 | SK 16594 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain