Text
Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada muatan IPA kelas V di SDN di Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada Muatan IPA Kelas V SD. Penelitian ini dilakukan di SDN Bendungan Hilir 12 Pagi Jakarta Pusat, dengan sampel siswa kelas 5 SD semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode penelitian yang yang digunakan adalah metode penilitan eksperimen dengan desain Posstest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian kemampuan berpikir analisis IPA dengan materi Ekosistem. Hasil uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen. Setelah itu, data di analisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh harga thitung sebesar 2.523. Harga ttabel pada taraf signifikan α = 0.05 dengan dk= 24 adalah 1.711. Oleh karena harga thitung lebih besar dari pada ttabel (2.523 > 1.711), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Analisis siswa pada muatan IPA kelas V SD. Kata Kunci: Model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Kemampuan berpikir analisis siswa kelas V.
This research was aimed to know the effect of Science Technology Society learning models against analysis thinking ability to Science learning at grade V in Elementary School. This research was conducted at SDN Bendungan Hilir 12 Pagi Centre Jakarta, with the sample are student V grade students in the 1st half of the year 2017/2018. The samples were taken by using Simple Random Sampling technique. The method used on the research is experiment research method by Posstest Only Control Design. Data collection was done by using essay test of analysis thinking ability Sains with materials of Ecosystem. The result of normality counting by liliefors test and homogeneity counting by Fisher test showed that the data distributed normally and both of classes are homogeneous. After all, analyzed data by ttest. The result of t-test calculation obtained price tcount in the amount of 2.523. price ttable in significance α = 0.05 with df = 24 is 1.711. Therefore, price tcount greather than ttable (2.523 > 1.711). Accordingly, the null hypothesis is rejected and the work hypothesis accepted. Therefore model of Science Technology Society learning affected significantly against analysis thinking ability to Science Learning at grade V in Elementary School. Keywords: Model of Science Technology Society Learning, Analysis Thinking Ability.
SS00016593 | SK 16593 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain