Text
Perbandingan pengaruh strategi pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating dan Transferring (REACT) dan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Perwira Bekasi Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Perwira VI Bekasi Utara. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran REACT dan kelompok kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh hasil thitung > ttabel (1,7832 > 1,6636), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang lebih tinggi dan signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri.
The aim of this research is to find the comparison effect of Relating, Experiencing, Cooperating, Applying, and Transferring (REACT) learning strategies on the critical thinking ability of the fifth grade elementary school student in the science content. The method of this research is experiment methods with Pretest-Posttest Control Group Design. The samples of this research were the fifth grade student of Perwira VI State Elementary School. The samples were taken by Cluster Random Sampling technique. The samples is divided into two group, experiment group by using REACT learning strategies and control group by using inquiry learning strategies in the learning process. Data were collected by instrument of essay test. Data were analyzed by using t-test. Based on t-test calculations, it obtained results that tcount > ttable (1.7832 > 1.6636), so H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is positive and significant effect on the application of REACT learning strategies on the critical thinking ability of the fifth grade elementary school students in the science content than inquiry learning strategies at Perwira, North Bekasi.
SS00016592 | SK 16592 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain