Text
Meningkatan hasil belajar IPS melalui model active learning tipe student facilitator and explaining pada peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 01 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN MentengAtas 01 Pagi Kecamatan Setiabudi melalui penerapan model Active Learning Tipe Student Facilitator and Explaining Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng Atas 01 Pagi, yang beralamatkan di Jl. Rajiman Wedyodiningra Kecamatan Setiabudi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 01 Pagi Kecamatan setiabudi sebanyak 32 orang dan dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2017. Penelitian ini menggunakan penenelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampel random sampling. Pengumpulan data melalui observasi serta pelaksanaan tindakan yang dinilai menggunakan tes evaluasi hasil belajar dan pemantau tindakan aktivitas guru dan peserta didik. Melalui tes evaluasi hasil belajar IPS peserta didik pada siklus I yaitu sebesar 62,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,3%. Selain itu, hasil pemantauan tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 85% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Sedangkan hasil pemantauan tindakan guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 87,5% dan meningkat menjadi 92,5% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 01 Pagi melalui penerapan Model Active Learning Tipe Student Facilitator and Explaining. Persentase aktivitas guru dan peserta didik juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, dengan menerapkan model active learning tipe student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN Menteng Atas 01 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Kata Kunci : Model Active Learning Tipe Student Facilitator and Explaining, hasil belajar IPS
This classroom Action Research is aim to improve social learning outcome on fifth grade student on SDN Menteng Atas 01 Pagi, Setiabudi through type student facilitator and explaining of model active learning. This research was carried out in SDN Menteng Atas 01 Pagi, which addressed at rajiman wedyodiningrat subdistrict of setiabudi. Samples of this research were 32 fifth grade student on SDN Menteng Atas 01 Pagi, Setiabudi and implemented in October – December 2017. This research uses classroomaction research with models Kemmis and Mc. Tagart. Sampling was used simple random sampling technique. The data was gathered with observation and implementation of Action that rated using evaluation test of learning outcome and also monitor of teacher’s and student activity. Through the evaluation test of social science learning outcome of learners in cycle I that is equal to 62,5% and in the second cycle increased to 84,3%. In addition, the result of monitoring the action of learners in the firs cycle of 87,5 and increased to 92,5 in cycle II. The result of this research showed that type student facilitator and explaining of model active learning had improved Social learning outcome on fifth grade student on SDN Menteng Atas 01 Pagi. Percentage of teacher’s and student activity also had improved from The First cycle to The Second cycle. Because of that, BY applying the active learning model of student facilitator and explaining type can improve the learning result of social science knowledge 5th grade students SDN Menteng Atas 01 Pagi Setiabudi Keyword : Type Student Facilitator and Explaining and Model Active Learning, social learning outcome
SS00016609 | SK 16609 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain