Text
Pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap kemampuan asesmen guru PAUD : penelitian ex-post facto di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur
Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap kemampuan asesmen guru PAUD. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling sehingga menghasilkan sampel penelitian pada PAUD Bhakti Ibu, PAUD Azkia, PAUD Taam Al-Ittihad, PAUD Cendrawasih, PAUD Nurul Hidayah, PAUD Musdalifah, PAUD Tunas Mulia dan PAUD Assafiinah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan tes soal pilihan ganda dan dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANAVA) dan Uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA adalah Fhitung = 15.86 > Ftabel = 3.22. Dilanjutkan dengan Uji-t, diperoleh hasil thitung = 15 antara kelompok coba dan P1, kemudian P1 dan P2 thitung = 9.35 dan Kelompok Coba dan P2 thitung = 23.2, thitung > ttabel = 2.048 pada α =0.05. Menunjukkan bahwa semua H0 ditolak, maka H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terhadap pengaruh kualifikasi akademik guru terhadap kemampuan asesmen guru PAUD dengan melihat perbedaan pada kelompok penelitian. Implikasi hasil penelitian ini yaitu guru diharap memperhatikan kualifikasi akademik yang sesuai dengan standar untuk dapat meningkatkan kemampuan asesmen guru PAUD. Apabila sudah memenuhi kualifikasi akademik, maka guru dapat memberikan pembelajaran yang tepat, guna meningkatkan kemampuan asesmen guru.
The purpose of this study is to get empirical data about the teacher's academic qualification on the ability of PAUD teacher's assessment. The sample is taken using cluster random sampling technique and simple random sampling so as to produce the research sample in PAUD Bhakti Ibu, PAUD Azkia, PAUD Taam Al-Ittihad, PAUD Cendrawasih, PAUD Nurul Hidayah, PAUD Musdalifah, PAUD Tunas Mulia and PAUD Assafiinah. The data were collected using questionnaires and multiple choice questions and analyzed using Variant Analysis (ANAVA) and t-test. The result of hypothesis testing using ANAVA is Fhitung = 15.86> Ftabel = 3.22. Followed by t-test, the result is tct = 15 between the try and P1 groups, then P1 and P2 tc = 9.35 and Try and P2 tt = 23.2, tcount> ttable = 2.048 at α = 0.05. Show that all H0 is rejected, then H1 is accepted. Thus, it can be concluded that the influence of the teachers of the study group. The implication of this study is to assess the ability of the teacher assessment. If it meets the academic qualifications, then the teacher can provide appropriate learning, in order to improve the ability of teacher assessment.
SS00016608 | SK 16608 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain