Text
Meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu wajib melalui media audio siswa kelas IV SDI Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu wajib melalui media audio siswa kelas IV. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 31 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I persentase siswa yang mendapat nilai bernyanyi lagu wajib ≥ 75 ada 12 siswa dengan persentase 38,7 %, sedangkan yang mencapai nilai ≤ 75 ada 19 peserta didik dengan persentase 61,3 %. Kemudian terjadi peningkatan, pada siklus II persentase siswa yang mendapat nilai bernyanyi lagu ≥ 75 ada 24 siswa dengan persentase 77,41 %, sedangkan yangmencapai skor ≤ 75 ada 7 peserta didik dengan persentase 22,58 %. Data tersebut menunjukkan bahwa target penelitian atau kriteria keberhasilan kemampuan bernyanyi lagu wajib yaitu sebesar 80% telah tercapai. Adapun hasil pemantau tindakan dalam pembelajaran dengan menggunakan tidak menggunakan media audio pada siklus I mencapai 46,6% dan Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mencapai 80%. Data tersebut menunjukkan bahwa target pemantau tindakan yaitu sebesar 80% sudah tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan bernyanyi lagu wajib siswa kelas IV SDN Guntur 03 Pagi Jakarta Selatan.
Action Research This class aims to improve the ability to sing mandatory songs through the audio media of fourth grade students. The subjects of this study are the fourth grade students of Guntur 03 Pagi Elementary School South Jakarta, amounting to 31 students. This classroom action research was conducted using Kemmis and Mc Taggart models. The research procedure is a cycle that includes planning, implementation of action, observation, and reflection. Data collection techniques in this study in the form of tests, observations, and documentation. Based on the research results obtained data on the cycle I percentage of students who got the value of singing compulsory songs ≥ 75 there are 12 students with a percentage of 38.7%, while that reaches the value of ≤ 75 there are 19 students with a percentage of 61.3%. Then there was an increase, in cycle II the percentage of students who got the value of singing songs ≥ 75 there are 24 students with 77.41% percentage, whereas those who achieve the score ≤ 75 there are 7 students with a percentage of 22.58%. The data indicate that the target of the research or the criteria of successful compulsory singing song ability of 80% has been achieved. The results of monitoring action in learning by using not using audio media in the cycle I reached 46.6% and On the second cycle there was an increase that reached 80%. The data shows that the target of action monitoring that is equal to 80% has been reached. Therefore, it can be concluded that the use of audio media as a medium of learning can improve the ability to sing songs compulsory fourth grade of Guntur 03 Pagi Elementary School South Jakarta.
SS00016607 | SK 16607 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain