Text
Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar pengenalan bentuk geometrik anak usia 4-5 tahun : studi eksperimen di TK Islam Fitrah Al-Fikri Depok
Penggunaan media pembelajaran berupa media audio visual video pembelajaran yaitu sebuah penggunaan media yang menggabungkan unsur suara dan gambar dengan mengkolaborasikan indera pendengaran dan indera penglihatan. Penelitian ini diawali oleh masalah diantaranya yakni rendahnya hasil belajar anak usia 4-5 tahun pada pengenalan bentuk geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TKIF Al Fikri Depok semester I tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini siswa kelompok A semester I di Taman Kanak-kanak Depok. Sampel anak berusia 4-5 tahun di Kelompok A berjumlah 20 dengan jumlah kelas yaitu dua kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah 10 anak. Penelitian menggunakan design penelitian Post Test Only Control Grup Design dan pengumpulan data menggunakan instrumen observasi. Perhitungan normalitas yang telah dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh dari hasil kedua data normal, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel (0,166 < 0,258) dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (0,193 < 0,258). Selanjutnya dilakukan pengujian homogenitas data menggunakan uji F dan hasilnya kedua data juga homogen yaitu Fhitung < Ftabel atau 0,85 < 3.18. Adapun untuk pengujian hipotesis menggunakan uji –t diperoleh thitung > ttabel atau (6,89 > 1,734) artinya hipotesis nol ditolak (H0) dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar pengenalan bentuk geometri anak usia 4-5 tahun. Media video pembelajaran tentang pengenalan bentuk geometri bangun datar dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Video, Geometri, Bentuk, Anak Usia Dini
Using learning media like audio visual learning video was a consolidation between audio and visual with collaborated sense of hearing and sense of sight. This research was started by the problem that was the low result learning of children that 4-5 years old to identification the geometry. The goal of this research was to know the influence of the learning video toward result study in identified geometry for children in 4-5 years old. This research was done at TKIF Al Fikri Depok semester I academic year 2017/2018. The population of this research was group A’s Students semester 1 at kindergarten Depok. The total of sample was 20 children in 4-5 years old with 2 group classes each group 10 children. The research using research Post Test Only Control Group Design and collecting the data using the instrument of observation. The normalities counting was done by using Liliefors was got from the second result of normal data, from the experiment class obtained L count < L table (0,166 < 0,258) and in the control class obtained Lcount < Ltable (0,193 < 0,258). Next, data homogeneous test was done using F test and both of the result data also homogeneous that was F count < F table or 0,85 < 3.18. As for hypothesis test using –t test obtained tcount > ttable or (6,89 > 1,734) it mean the zero hypothesis was ignored (H0) and the alternative hypothesis was received f (H1). The result of this research shown that learning video media gave positive influenced through the result study of identification geometry in children in 4-5 years old. Video learning about the identification of geometry can be a leraning media for increased the students’ result study. Keyword : Video, geometric, Shapes, Children
SS00016616 | SK 16616 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain