Text
Peningkatan keterampilan menulis terbatas dengan media kartun pada siswa/i kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur
Penelitian ini di laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta, pada bulan September-Desember 2017. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan keterampilan menulis bahasa arab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas sampel penelitian ini adalah siswa –siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta kelas 8 yang berjumlah 43 siswa/i. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus ke satu nilai ratarata peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta adalah 66,86. Pada siklus ke dua nilai rata-rata peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta meningkat 83,26. Implikasi hasil penelitian dengan menggunakan media gambar yang diterapkan dalam keterampilan menulis bahasa arab. Pada ujian peningkatan keterampilan menulis bahasa arab pada siklus ke satu mencapai nilai rata-rata 66,86. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan karena para siswa-siswi belum terbiasa menulis bahasa arab dengan lamgkah-langkah yang telah dilakukan pada siklus satu, yang membedakan adalah siklus ke satu proses pembelajaran dibentuk secara berkelompok, sedangkan siklus ke dua proses pembelajarannya terjadi secara mandiri. Peneliti juga menggunakan media pembelajaran. Inilah yang menjadikan siswa mampu meningkatkan keterampilan menulis bahasa arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus kedua mencapai 83,26, atau indikator pencapaian berhasil diraih 43 siswa mencapai hasil ujian sehingga 100% dari jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan bahasa arab dengan media gambar di MTs negeri 24 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diketahui bahwa media gambar berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis bahasa arab siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta. Dengan demikian, media gambar ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam menulis kalimat, sehingga siswa-siswi termotivasi dan lebih mudah dalam membuat kalimat bahasa arab.
This research was conducted in State Islamic Junior High School of 24 Eeast Jakarta, in September-December 2017. The purpose of this research is to see the improvement of Arabic writing skill of students.
The research method used is the classroom action research of this study sample is the students of the State Islamic Junior High School of 24 Eeast Jakarta 8th grade which amounted to 43 students / i.
This classroom action research was conducted using the Kemmis and Taggart cycle model. This classroom action research is conducted through four stages: planning, action, observation, and reflection.
The results obtained in each cycle are: cycle to one the average value of the Arabic writing skills upgrading in the students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta is 66.86. In the second cycle, the average value of Arabic writing skills in students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta increased 83.26.
Implication of research results by using the image media applied in Arabic writing skills. On the Arabic writing skills upgrading test on first cycle an average score of 66.86. This value has not achieved the expected results because the students are not yet accustomed to writing Arabic with steps that have been done in cycle one, which distinguishes is the cycle to a learning process formed in groups, while the second cycle of learning process occurs independently. Researchers also use instructional media. This is what makes students able to improve Arabic writing skills. Then the average second cycle test results reached 83.26, or achievement indicator successfully achieved 43 students achieve the test results so that 100% of the number of students achieve the expected results. These results indicate that there is an increase in Arabic language skills with media images in public State Islamic Junior High School of 24 Eeast Jakarta.
Based on the results of the above research, it is known that the image media positively affect the skills to write Arabic language of students State Islamic Junior High School of 24 Eeast Jakarta. Therefore, this media can be used as one of the methods in writing sentences, so that students are motivated and easier in making Arabic sentences.
SS00016840 | SK 16840 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain