Text
Topik, situasi, fungsi dan nosi dalam film Abnaul ghad dan implikasinya dalam pembelajaran keterampilan berbicara
Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui topik, situasi, fungsi dan nosi dalam film Abnaul Ghad dan menerapkan dalam pengajaran keterampilan berbicara di semua tingkatan di universitas. Di dalam film “Abnaul Ghad” terdapat 90 episode. Maka peneliti membatasi menjadi 25 episode saja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis topik, situasi, fungsi dan nosi dalam film Abnaul Ghad. Alat penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan tabel identifikasi. Hasil penelitian ditemukan Topik dan Situasi dalam 100 ungkapan.Topik dan Situasi yang terdiri dari 14 jenis adalah 7 ungkapan identitas pribadi (7%), kehidupan sehari-hari dalam 14 ungkapan (14%), pendidikan dan karir berjangka 4 (4%), rekreasi dan waktu luang 6 ungkapan (6%), perjalanan 5 ungkapan (5%), hubungan dengan orang lain 58 ungkapan (58%), kesehatan dan sosial 2 ungkapan (2%), belanja 1 ungkapan (1%) dan Makanan dan minuman 3 ungkapan (3%). Hasil penelitian ditemukan Fungsi dalam 100 ungkapan. Fungsi terdiri dari 6 jenis yaitu transmisi informasi faktual dan permintaannya 8 ungkapan (8%), ekspresi sikap intelektual, identifikasi 40 ungkapan (40%), ekspresi sikap emosional dan ungkapannya 25 ungkapan (25 %), ekspresi sikap moral dan ungkapannya 8 ungkapan (8%), dan mendapatkan hal yang harus dilakukan (persuasi) 6 ungkapan (6%), bersosialisasi 13 ungkapan (13%). Hasil penelitian ditemukan Nosi dalam 25 ungkapan. Nosi terdiri dari 8 tipe: ekspresi eksistensial 2 ungkapan (8%), ruang spasial 6 ungkapan (23%), ekspresi temporal 9 ungkapan (38%), kuantitas 4 ungkapan (16%), hubungan 1 ungkapan (4%), dan Deiksis 3 ungkapan (12%). Penelitian ini dapat dimasukkan dalam pengajaran keterampilan berbicara, yaitu untuk mengambil ungkapan yang terdapat Topik, Situasi, Fungsi dan Nosi dari Film Abnaul Ghad sebagai salah satu materi dalam pengajaran keterampilan berbicara di universitas.
The purpose of this research is to find out the Topics, Situations, Functions and Notions in film Abnaul Ghad so the results can be implicated them in the teaching of speech skills. The film " Abnaul Ghad " contains 90 episodes. The researcher determined 25 episodes. The method of this research is the descriptive analysis method qualitative content analysis, which is the analysis of Topics, Situations, Functions and Notions in the film Abnaul Ghad. The Instrument of this research is the researcher themselves assisted by using table classification. The results of the research are Topics and Situations found in 100 expressions and spread in 14 types. The Topics and Situations consist of 14 types, namely Personal Identification 7 expressions (7%), Daily Life in 14 expressions (14%), Education and Future Career prospects 4 expressions (4%), Free Time and Entertaiment 6 expressions (6%), Travel 5 expressions (5%), Relationships With Others 58 expression (58%), Health and Social Welfare 2 expressions (2%), Shopping 1 expression (1%), and Food and Drink 3 expressions (3%). The results of the research are Functions found in 100 expressions and spread in 6 types. The functions consist of 6 types, namely, Imparting and Seeking Factual Information 8 expressions (8%), Expressing and Finding Out Intellectual Attitudes 40 expressions (40%), Expressing and Finding Out Emotional Attitudes 25 expressions (25%), Expressing and Finding Out Moral Attitudes 8 expressions (8%), Getting Things Done (persuasion) 6 expressions (6%), and Socialising 13 expressions (13%). The results of the research are Notions found in 25 expressions and spread in 8 types. The Notions consist of 8 types, namely Existential 2 expressions (8%), Spatial 6 expressions (23%), Temporal 9 expressions (38%), Quantitative 4 Expressions (16%), Relational 1 Expression (4%), and Deixis 3 Expressions (12%). This research can be implicated in the teaching of speech skills, which is to take expressions in which the Topics, Situations, Functions and Notions in the film Abnaul Ghad as a one of materials in the teaching of speech skills in the university
SS00016832 | SK 16832 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain