Text
Pengembangan modul kosakata bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas III sekolah dasar : penelitian dan pengembagan di kelas III sekolah dasar
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul kosakata Bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas III sekolah dasar. Fokus pengembangan pada modul materi sport. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan adaptasi model pengembangan Rowntree. Penelitian ini melibatkan siswa kelas III SDN Utan Kayu Selatan 11 Jakarta Timur sebanyak 33 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Penelitian ini melewati beberapa tahap uji coba, diantaranya uji ahli (expert review), face to face tryouts, dan terakhir uji coba lapangan (field trial). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil analisis kualitatif menggunakan teknik wawancara untuk uji coba ahli diantaranya ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa modul efektif dan valid setelah melalui proses revisi. Hasil analisis kualitatif menngunakan teknik wawancara untuk face to face tryouts kepada tiga orang siswa menyatakan bahwa modul menarik dan mudah digunakan. Evaluasi uji coba lapangan (field trial) menghasilkan persentase 93,75 % dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan (field trial) juga menghasilkan uji pada paired sample t-tes diperoleh peningkatan hasil tes formatif siswa pada pembelajaran kosakata Bahasa Inggris setelah menggunakan modul Bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual, dari rata-rata nilai pre-test 68,65 menjadi 93.40, diketahui bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 diterima. Disimpulkan bahwa pada uji paired sample t-tes terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes formatif pada data pre-test dan post-test maka modul kosakata Bahasa Inggris efektif.
Research and development aims to produce the product in the form of English vocabulary module based on contextual approach for 3rd grader of primary school. The focus of development module is sport theme. Methods used in this research is a method of research and development or research and development (R&D); using adaptive developing model by rowntree. This research involving students 3rd students SDN Utan Kayu Selatan 11 Jakarta Timur as many as 33 students. The data collection techniques conducted using interviews and questionnaires. Research this through some evaluation steps , such as expert review, face to face tryouts, and the last step is field trial. The data collection techniques using interviews and questionnaires .The results of the qualitative analysis uses the technique an interview to the expert instructional desaign , a content expert and media expert stated that teaching materials suitable and valid after through a process revision. The results of qualitative analysis using an interview technique to face to face tryouts for three students stated that module interesting and esay for using module. Field trial producing the percentage 93,75 % criteria is very good. the field trial results of experiment to the paired sample t-tes obtained an increase in test results formative students on learning english after using of english vocabulary module based on contextual approach , of average score pre test 68,65 to be 93,40. Later it was discovered that value sig ( 2-tailed ) as much as 0,000 & lt; 0.05 , so H0 accepted. Can be concluded that in test paired sample t-tes there are significant differences between test results formative on the pre-test and post-test so english vocabulary modul effective.
SS00016639 | SK 16639 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain