Text
Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe "talking stick" terhadap kemahiran berbicara siswa Madrasah Aliyah Nurrusa'dah Jakarta
ABSTRAK
ANA ROSMANAH, Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Taking
Stick terhadap Keterampilan Beribacara Siswa pada siswa Madrasah aliyah
Nurrusa'dah Jakarta. Skripsi Jakarta : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab,
Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurrusa'dah Jakarta Selatan pada
semester 1 tahun ajaran 2017-2018, yang dimulai dari bulan September hingga
November 2017 dengan Tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai "Metode
Talking Stick" dalam meningkatkan kemahiran berbicara siswa Madrasah Aliyah
Nurrusa'dah Jakarta Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Dengan
populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurrusa'dah Jakarta
Selatan dan sampelnya adalah kelas X Ipa 1 dan X ipa 2 sejumlah 50 siswa
terdiri dari 25 siswa kelas Eksperimen dan 25 siswa kelas control Teknik
pengambilan sample dilakukan dengan cara "Purpose Sampling", yaitu teknik
pengambilan sample secara sengaja sesuai dengan persyaratan sample yang
diperlukan Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes Lisan.
Teknik Analisis data yang digunakan adalah Statistik deskriptif dengan uji-t pada
taraf signifikasi =0,05.
Hasil uji-t diperoleh setelah melakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas
dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai Varians yang Homogen karena
X2
hitung (14,6) < X2 table (65,17), uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi
normal dengan hasil Lhitung (0,110).
Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari 0.05 adalah (3,25)
sedangkan nilai t-table adalah (1,6) untuk derajat kebebasan (dk=48) karena thitung
yang diperoleh lebih besar dari pada t table maka Hipotesis nol (H)
diterima dan Hipotesis penelitian (H1) diterima.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh
yang signifikan dalam penguasaan keterampilan berbicara bahasa arab dengan
menggunakan metode Talking Stick dan siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa
arab khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara, dan mereka lebih
mudah untuk belajar bahasa arab, karena dengan “Metode Talking Stick”
memberikan siswa kemudahan untuk bisa belajar bahasa arab dimanapun dan
kapanpun tidak hanya belajar dikelas serta membuat siswa lebih aktif dalam
berbicara Bahasa Arab. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode
pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Metode
Pembelajaran Talking Stick” dalam pelajaran bahasa arab.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Cooperatif Type Talking Stick.
SS00016830 | SK 16830 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain