Text
Meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Cooperative learning tipe Two stay two stray (dua tinggal dua tamu ) pada siswa kelas V SD : studi penelitian tindakan kelas SDN Jatimakmur 1 Pondok Gede Bekasi
Penelitan tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017 dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa dengan skor persentase 67.85% atau 19 orang mencapai KKM kemudian mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II dengan skor persentase sebesar 89.28% dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 21,43%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan dengan model cooperative learning tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe two stay two stray merupakan salah satu model yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
This classroom action research is aimed to improve the learning outcomes of grade V students of SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. This research is to obtain empirical data about student learning outcomes in science learning through cooperative learning model type two stay two stray. This research was conducted in October 2017 with the subject of this research is the students of class V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi which amounted to 28 students consisting of 12 male students and 16 female students. This classroom action research is done with Kemmis and Mc models. Taggart. Research this class action through the stages of planning, implementation, observation and reflection. This classroom action research is conducted in two cycles, each cycle consisting of 2 meetings. In the first cycle of student learning outcomes with a percentage score of 67.85% or 19 people reached the KKM then experienced a significant increase in cycle II with a percentage score of 89.28% in other words an increase of 21.43%. These results indicate that the learning of science conducted by cooperative learning model type two stay two stray can improve learning outcomes in students of class V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. From the results of this study can be concluded that cooperative learning model type two stay two stray is one model that can be used by teachers in science learning to improve student learning outcomes.
SS00016634 | SK 16634 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain