Text
Pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kesulitan belajar kelas XI di Sekolah Talenta Jakarta Barat
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik berkesulitan belajar kelas XI di sekolah Talenta. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013 dengan memodifikasi isi materi pembelajaran. Sekolah melakukan asesmen pada saat penerimaan peserta didik dengan tujuan untuk screening dan klasifikasi penempatan rombongan belajar. Materi yang diberikan oleh guru telah memenuhi empat keterampilan bahasa Indonesia. Metode pembelajaran yang digunakan ialah brainstorming dengan teknik mind map. Diharapkan guru dapat melakukan asesmen secara berkala setelah tujuan pembelajaran tercapai. Guru juga diharapkan membuat program individu agar perencanaan metode dan teknik pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk mempersiapkan diri ke perguruan tinggi. Kata kunci : Bahasa Indonesia, Sekolah Menengah Atas, Kesulitan belajar
This research aimed to describe students learning difficulties of learning Bahasa Indonesia in XI graders of Talenta School West Jakarta. The approach used is qualitative approach with descriptive method. The data were collected by observation, interview, and document analysis. The data analysis used in this research is Miles and Huberman model with three activities; data reduction, data presentation, and conclusion. The findings revealed that the school used curriculum of 2013 in the process of learning Bahasa Indonesia by modifying the content of learning materials. School conducts assessment at the time of admission of learners with the intention of screening and classification of study group placement. The material given by teachers has fulfilled four Indonesian skills. Learning method used is brainstorming with mind map technique. It is expected that teachers can conduct the assessment periodically after the learning objectives are achieved. Teachers are also expected to create individual programs in order to make the planning of learning methods and techniques according to the characteristics of the learners to prepare themselves to college.Keywords: Bahasa Indonesia, High School, Learning Difficulties
SS00016628 | SK 16628 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain