Text
Evaluasi proses pembelajaran Discovery learning mata pelajaran sosiologi di Sekolah Menengah Atas Budi Mulia Utama Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran Model Discovery Learning Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Budi Mulia Utama. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai evaluasi proses pembelajaran model discovery learning mata pelajaran sosiologi di SMA Budi Mulia Utama dimulai dari dimensi perencanaaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran telah dilakukan dengan sangat baik sesuai dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan pada komponen RPP dan prinsip penyusunan RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran telah dilakukan dengan baik sesuai dengan langkah model discovery learning Jerome Bruner dan Standar Proses Pendidikan. Pada penilaian proses dan hasil pembelajaran telah dilakukan dengan sangat baik sesuai dengan Permendikbud nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada prosedur penilaian proses dan hasil pembelajaran. Dari ketiga dimensi tersebut telah dilakukan oleh guru meskipun pada dimensi pelaksanaan pembelajaran kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pada langkah verifikasi dan kegiatan penutup belum terpenuhi. Kata Kunci: Discovery Learning, Evaluasi, Proses Pembelajaran, Sosiologi, SMA Budi Mulia Utama
This research aims to evaluate the learning implementation of Sociology subject Discovery Learning Model in Budi Mulia Utama High School. This research is an evaluative research using descriptive method. The result of research that has been done about the evaluation of learning process of discovery learning model sociology subject in Budi Mulia Utama High school starts from learning planning dimension, learning implementation and process evaluation and learning result. In the planning of learning has been done very well in accordance with the regulation of Educational and Culture Minister number 22 of 2016 on education process standards on RPP Components and the principles of RPP preparation. In the implementation of learning has been done well in accordance with the steps of discovery learning model of Jerome Bruner and Education process standards. In the process assessment and learning outcomes have been done very well in accordance with the regulation of education and culture minister number 23 of 2016 on education appraisal standards in process assessment procedures and learning outcomes. Of these three dimensions have been done by teachers that have not been met. Keywords: Discovery Learning, Evaluation, Learning Process, Sociology, SMA Budi Mulia Utama
SS00016627 | SK 16627 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain