Text
Peran orang tua dalam menanamkan disiplin pada anak usia 4-5 tahun : penelitian kualitatif dalam kehidupan bersekolah di PAUD As-Syifa Kramat Jati- Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran orang tua dalam menanamkan disiplin anak usia 4-5 tahun, (2) Pembentukkan disiplin anak usia 4-5 tahun di PAUD AS-SYIFA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif sampling yaitu berjumlah empat ibu dan anak, 1 guru di PAUD AS-SYIFA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orang tua merupakan kunci utama dalam penerapan kedisiplinan anak sejak usia dini. Orang tua memiliki peranan dalam lingkungan keluarga, dan tidak dapat diberikan di lembaga pendidikan. (2). Sebagian besar sudah ada sinergitas antara orang tua dan guru walaupun masih ada yang belum sinergitas waktu dan perhatian (3) Terpola dengan kebiasaan yang tetap dan teratur.
This research aims to describe: (1) the role of parents in instilling discipline children ages 4-5 years, (2) the formation of discipline children aged 4-5 years in the PAUD AS-SYIFA. This study used a qualitative approach to the types of descriptive qualitative research. The selection of subjects of research done by the technique of sampling purposif i.e. totalling four mothers and children, 1 teacher in the PAUD AS-SYIFA. Method of data collection is done using interviews, observation, and the documentation that comes with a list of questions. Data analysis is done through a stage reduction data, display data, and verification as well as the withdrawal of the conclusion. Test the validity of the data is done using triangulation methods. The results showed that (1) a parent is a major key in the application of discipline children from an early age. Parents have a role in the family environment, and cannot be given at educational institutions. (2) most of the already existing synergy between parents and teachers even though there is not yet the time and attention of synergy (3) Terpola with a fixed and regular habits.
SS00016377 | SK 16377 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain