Text
Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media stik gantung pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV SLB C Kembar Karya : suatu penelitian tindakan kelas di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV di SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur melalui penggunaan media stik gantung yang dilaksanakan pada bulan Februari – Juli 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit Jakarta Timur yang mempunyai masalah pada kemampuan membaca kata sebanyak 4 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan, dokumentasi, dan observasi untuk memperoleh data tentang tindakan dan kemampuan membaca permulaan peserta didik yaitu berupa catatan lapangan. Standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi yaitu sebesar 70%. Dari analisis data yang diperoleh prosentase kemampuan awal sebesar 7,5% setelah melakukan tindakan disiklus I prosentase menjadi 50%. Dengan begitu prosentase kenaikan antara kemampuan awal dan siklus I sebesar 42,5%. Dikarenakan prosentase belum mencapai standar keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan prosentase 87,5% dengan prosentase kenaikan 37,5% dari siklus I. Hasil prosentase pada siklus II menunjukkan keberhasilan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penggunaan media stik gantung dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik dengan gangguan intelektual ringan kelas IV.
This study aims to improve the reading ability of the students in light class intellectual disadvantage in SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit, East Jakarta through the use of hanging media media which was carried out in February - July 2016. The method used is classroom action research conducted through two cycles, the cycle consists of planning, execution, observation, and reflection. The subjects of the study were the students of class IV SLB C Kembar Karya Pembangunan II Duren Sawit, East Jakarta who had problems with the reading ability of 4 students. Technique of collecting data using oral test, documentation, and observation to get data about action and reading ability of beginning learners that is in the form of field note. The standard of success of students in mastering the material is 70%. From the analysis of data obtained the percentage of initial ability of 7.5% after performing action I cycle percentage to 50%. Thus the percentage increase between initial ability and cycle I of 42.5%. Because the percentage has not reached the standard of success of learners in mastering the material, the researcher performs action in cycle II with percentage 87,5% with percentage increase 37,5% from cycle I. Percentage result in cycle II show success. Thus it can be stated that the use of hanging media can improve the reading ability of the beginning of the students with mild intellectual impairment grade IV.
SS00016622 | SK 16622 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain