Text
Meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan hasil maksimal 9 melalui penggunaan media kartu angka modifikatif pada siswa tunagrahita ringan : penelitian tindakan kelas di kelas III SDLB di SLB B-C Dian Kahuripan
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan hasil maksimal 9 melalui penggunaan media kartu angka modifikatif pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Dian Kahuripan dan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 sampai bulan Desember 2017. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Mc Kernan dan dilaksanakan selama dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari tujuh tahapan, yaitu tahap analisis situasi, perumusan masalah dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan, penerapan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi dan pengambilan keputusan untuk pengembangan selanjutnya. Subjek penelitian adalah dua siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Dian Kahuripan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa lembar instrumen kemampuan penjumlahan bilangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu angka modifikatif berhasil meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan hasil maksimal 9 pada siswa tunagrahita ringan. Kata Kunci: media kartu angka modifikatif, penjumlahan, tunagrahita ringan
This study increase ability of addition with maximum up to 9 usage kartu angka modifikatif media for student with mild intellectual disability at third class in Special Need School B-C Dian Kahuripan and was done at August 2017 until December 2017. This classroom action research with Mc Kernan model was done in two cycles which every cycle that includes define problem, needs assessment, hypotheses ideas, develop action plan, implement plan, evaluate plan, decisions; reflect, explain, understand action. Subject of this study are two students with mild intellectual disability at third class in Special Need School B-C Dian Kahuripan. Data gathering was done using test instrument in form of addition skills instrument. Result of this study shows that kartu angka modifikatif media successful to increase the ability of addition with maximum result up to 9 for students with mild intellectual disability. Keywords: kartu angka modifikatif media, addition, mild intellectual disability
SS00016621 | SK 16621 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain