Text
Pengembangan modul elektronik kimia untuk siswa SMA kelas XI pada materi koloid sebagai sumber belajar siswa
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik Kimia pada Materi Koloid Sebagai Sumber Belajar Siswa. Pengembangan modul elektronik ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: Analisis pendahuluan dan kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi oleh para ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, uji coba skala besar, revisi tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan mulai November 2016 hingga Januari 2018. Modul elektronik ini dikembangkan dengan menggunakan aplikasi 3D PageFlip Professional. Hasil reliabilitas antar rater oleh ahli materi dan bahasa diperoleh angka 0,93, sedangkan hasil reliabilitas antar rater oleh ahli media diperoleh sebesar 0,99. Hasil uji coba skala kecil siswa dari keseluruhan indikator diperoleh rentang 80% - 83,3% dengan interpretasi baik, sementara hasil uji coba skala kecil pada guru diperoleh rentang 70% - 100% dengan interpretasi baik sampai dengan baik sekali. Hasil uji coba skala besar siswa dari keseluruhan indikator diperoleh persentase dengan rentang 82,83% - 86,83% dengan interpretasi baik, hasil uji coba skala besar guru diperoleh rentang 70% - 100% dengan interpretasi baik sampai dengan baik sekali. Interpretasi penilaian modul elektronik oleh para ahli, siswa, dan guru secara keseluruhan memiliki interpretasi “Baik” hingga “Sangat Baik” pada tiap indikator penilaian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul elektronik koloid yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa sesuai dengan kebutuhan siswa.
This research aims to produce Chemistry electronic module on Colloid Material as Student Learning Source. The development of electronic module is made by adapting the stages of research and development proposed by Borg & Gall consisting of several stages, namely: Preliminary analysis and needs, planning, product development, validation by experts and revisions, small-scale trial and revision , large-scale trials, final-stage revisions. The study was started from November 2016 to January 2018. This electronic module was developed using the PageFlip Professional 3D application. Results of reliability between rater by content and language experts obtained the number of 0.93, and the results of reliability between rater by the media expert obtained for 0.99. The results of small-scale trial of students from all indicators are obtained from 80% - 83.3% with good interpretation, while the results of small-scale test on teachers obtained range of 70% - 100% with good interpretation up to very well. Results of large-scale trials of students from the overall indicators obtained percentage with a range of 82.83% - 86.83% with good interpretation, the results of large-scale trial teachers obtained range 70% - 100% with good interpretation up to very well. Interpretation of electronic module assessments by experts, students and teachers as a whole has a "Good" to "Very Good" interpretation on each assessment indicator. Therefore, it can be concluded that the developed colloidal electronic module is suitable for use as a learning resource for students according to the needs of the students.
SS00016678 | SK 16678 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain