Text
Pengembangan Techonological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) calon guru kimia menggunakan Content Represntation (CoRe) dan Pedagogical and Professional Exprerience Repertories (Pap-eRs) pada materi sistem koloid melalui model project based learning
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) calon guru kimia menggunakan Content Representation (CoRe) Framework dan Pedagogical and Professionalexperience Repertoires (PaP-eRs) Design pada materi Sistem Koloid melalui model Project Based Learning (PjBL). Saat ini masih banyak calon guru yang belum memiliki pengalaman untuk melakukan pembelajaran didalam kelas yang berkaitan dengan teknologi, hal ini yang menyebabkan TPACK calon guru lebih rendah jika dibandingkan dengan guru berpengalaman. Calon guru dapat berkolaborasi dan berdiskusi dengan guru berpengalaman menggunakan PaP-eRs Design dan dibantu dengan CoRe Framework untuk meningkatkan TPACK calon guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Interpretive Research. Metode ini digunakan untuk menganalisis data-data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru, lembar observasi guru, CoRe Framework guru, reflektif jurnal siswa, reflektif jurnal calon guru, rubrik PCK, dan angket pertanyaan sebagai instrumen untuk mengukur pengembangan TPACK calon guru. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 93 Jakarta. Subjek penelitian adalah 1 orang guru kimia yang sudah berpengalaman mengajar lebih dari 10 tahun, calon guru, siswa kelas XI MIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi Sistem Koloid memerlukan pemantapan konsep karena materi tersebut merupakan materi hafalan dan lebih memperbanyak contoh-contoh yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Calon guru dapat mengembangkan TPACK dengan baik dilihat dari rubrik PCK yang telah diobservasi oleh guru berpengalaman dan rekan calon guru, serta angket pertanyaan. TPACK calon guru akan semakin berkembang seiring dengan banyaknya pengalaman mengajar. Hasil angket pertanyaan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan teknologi yang diterapkan ini cukup baik. Pertanyaan ini dibuat dengan kategori penerapan ICT dalam pembelajaran materi sistem koloid. Oleh karena itu, calon guru diharapkan untuk berkolaborasi dengan guru berpengalaman agar mendapatkan banyak informasi dan pengalaman mengajar yang berkaitan dengan teknologi. Kata Kunci : Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Content Representation (CoRe), Pedagogical and Professional-Experience Repertories (PaP-eRs) Design, Sistem Koloid, Project Based Learning
This research aims to develop Techlogical Pedagogical Content Knowledge (TPACK) chemistry teacher candidate using Content Representation (CoRe) Framework and Pedagogical and Professional-experience Repertoires (PaP-eRs) Design on Colloid System material through model of Project Based Learning (PjBL). Currently there are still many prospective teachers who do not have experience to do the learning in the classroom related to technology, this causes TPACK prospective teachers are lower when compared with experienced teachers. Prospective teachers can collaborate and discuss with experienced teachers using PaP-eRs Design and assisted by CoRe Framework to increase TPACK prospective teachers. The research method used is Interpretive Research. This method is used to analyze data obtained from interviews with teachers, teacher observation sheets, teacher CoRe Framework, student journal reflective, reflective journal of teacher candidate, PCK rubric, and questionnaire as instrument to measure TPACK prospective teacher development. The study was conducted at SMA Negeri 93 Jakarta. The subjects of the study were 1 chemistry teacher who has experienced teaching for more than 10 years, prospective teachers, students of class XI MIPA. The results showed that learning materials of Colloid Systems require consolidation of the concept because the material is a matter of memorization and more reproduce examples related to everyday life. Prospective teachers can develop TPACK with good views of the PCK rubrics that have been observed by experienced teachers and prospective teachers, as well as questionnaires. TPACK prospective teachers will further develop along with the many teaching experiences. Questionnaire results show that learning with applied technology is good enough. This question is made under the category of ICT application in learning the material of the colloidal system. Therefore, prospective teachers are expected to collaborate with experienced teachers to gain a wealth of information and teaching experience related to technology. Keywords. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Content Representation (CoRe), Pedagogical and Professional-Experience Repertories (PaP-eRs) Design, Colloid System, Project Based Learning
SS00016675 | SK 16675 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain