Text
Hubungan resiliensi peserta didik dengan hasil belajar biologi sebagai mata pelajaran lintas minat wajib pada materi virus
Resiliensi merupakan kemampuan untuk beradaptasi pada situasi yang tidak menyenangkan. Resiliensi dapat meningkatkan keberhasilan peserta didik di sekolah, yang dapat dicapai dengan hasil belajar yang bagus. Peserta didik peminatan IPS yang diwajibkan mempelajari lintas minat Biologi diharapkan akan mendapatkan hasil belajar Biologi yang bagus jika memiliki resiliensi yang tinggi pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan resiliensi peserta didik dengan hasil belajar Biologi pada materi virus yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan studi korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 61 peserta didik kelas X IPS yang dipilih secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen resiliensi dan instrumen tes hasil belajar Biologi pada materi virus. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji model regresi diperoleh persamaan Ŷ = -78,067 + 2,010X dan koefisien korelasi sebesar 0,900 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat. Hasil koefisien determinasi sebesar 0,810 dan kontribusi resiliensi sebesar 81% pada hasil belajar Biologi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara resiliensi peserta didik dengan hasil belajar Biologi sebagai mata pelajaran lintas minat wajib pada materi virus. Bentuk hubungan yang positif dapat diartikan bahwa semakin tinggi resiliensi peserta didik maka semakin tinggi pula hasil belajar Biologinya. Kata Kunci: resiliensi, hasil belajar Biologi, lintas minat, SMAN 91 Jakarta.
Resilience is a person's ability to adapt to an unpleasant situations. Resilience can improve the success of learners at school, can be achieved with good learning outcomes. Learners from extra subject IPS interest which learning an extra subject cross Biological interest is expect to have good Biology learning outcomes if they have high resilience to themselves. This study aims to find out the relationship resilience learners with Biology learning outcomes as an obligatory extra subject cross-interest on virus material which was held in odd semester of the academic year 2017/2018. The method of the research is quantitative method with correlational study. Subjects in this study were 61 student of class X IPS who studied an extra subject cross biological interest selected by simple random sampling. The technique of collecting data used resilience instrument and test instrument of Biology learning outcomes on virus material. The precondition test showed normal and homogeneous distribution data. Based on regression model test obtained equation Ŷ = -78,067 + 2,010X and correlation coefficient equal to 0,900 which mean there is strongest relation between resilience with Biology learning outcomes. The coefficient of determination of 0.810. It shows that resilience contributes 81% of Biology learning outcomes. The conclusion of this research there is a positive relationship between resilience students with Biology learning outcomes as subject cross-interest on virus material. Positive relationship can be interpreted that the higher resilience of students the higher Biology learning outcomes. keywords: resilience, Biology learning outcomes, cross-interest, SMAN 91 Jakarta.
SS00016673 | SK 16673 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain