Text
Meningakatkan keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS dengan model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setia Budi Jakarta selatan
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di Kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan dalam pembelajaran IPS dengan cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan dengan subjek penelitian siswa kelas V-A yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Ketuntasan atau skor keberhasilan keterampilan sosial sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V-A SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan karena siswa dapat belajar secara berkelompok, ada kelompok asal dan ada kelompok ahli yang membuat siswa bisa saling bekerja sama, peduli satu sama lain dan menyelesaikan tugas dengan cepat dan benar sehingga siswa lebih antusias untuk saling bekerja sama dalam kelompok melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Peningkatan keterampilan sosial tersebut ditunjukkan dengan peningkatan prosentase siswa yang melebihi prosentase 85%. Hasil keterampilan sosial pada siklus I, rata-rata kelas adalah 72,21% dan siswa yang mencapai skor ≥70 sebanyak 20 siswa atau 57,14%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 94,44% dan siswa yang mencapai skor ≥70 sebanyak 31 siswa atau 88,57%%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw dapat dijadikan sebagai salah satu model cooperative learning tipe jigsaw yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS.
This classroom action research aims to improve the social skills of students in Class V SDN Pasar Manggis 01 Pagi South Jakarta through the social learning model with cooperative learning type jigsaw. This research was conducted on May 2017 at SDN Pasar Manggis 01 Pagi South Jakarta with research subject of V-A students which amounted to 35 students. The research method used is classroom action research with cycle model from Kemmis and Mc. Taggart consisting of planning, action, observation, and reflection. This study was conducted in two cycles. Mask completeness or social skills success score of 85%. The result of the research shows that the implementation of cooperative learning model of jigsaw type can improve the social skills of the students of VA SDN class of Pasar Manggis 01 Pagi South Jakarta because students can learn in groups, there are groups of origin and there are groups of experts that make students can work together, care for each other and assign tasks quickly and correctly so that students are more enthusiastic to work together in groups through cooperative learning model type jigsaw. Improvement of social skills is indicated by the increase in the percentage of students who exceed the percentage of 85%. Results of social skills in cycle I, the average class is 72.21% and students who achieve score ≥70 as many as 20 students or 57.14%. Then in cycle II the average grade is 94.44% and students who achieve score ≥70 counted 31 students or 88.57 %%. The results of this study indicate that cooperative learning model of jigsaw type can be used as one of the teacher teaching model to improve students' social skills on IPS learning.
SS00016383 | SK 16383 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain