Text
Metode metode tutor sebaya terhadap kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran IPA peserta didik SMPN 216 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 216 Jakarta pada Semester I tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan didapatkan sampel sebanyak 60 peserta didik,perhitungan sampel menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik padakelas eksperimen yang menggunakan metode tutor sebaya dan 30 peserta didik padakelas kontrol yang menggunakam metode diskusi kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kecerdasan interpersonal menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan ujiBartlett baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Analisis pengujian hipotesis dengan menggunakan gain skor dan uji-t.Berdasarkan hasil perhitungan pengujian prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yaituterdapat pengaruh metode tutor sebaya terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas VIII SMP pada mata pelajaran IPA dibandingkan dengan metode diskusi kelompok.
This research was aimed to know the influence of peer tutor methods of intelligence on science subjects interpersonal class VIII junior high school. This research was carried out in the SMP Jakarta 216 in the first school year 2017/2018. Sampling using a Purposive Sampling technique and obtained a sample of as many as 60 students, calculation using the formula sample by Slovin. The method used is the method of experimental design, with a Pretest-Posttest Only Control Design. The sample used in this study as many as 30 students in the class of experiments using the method of peer tutors and learners on the control class with the method of discussion groups. Data collection is done with instruments using interpersonal intelligence questionnaire with Likert scale. Analysis of test used is the prerequisite test normality with the Kolmogorov-Smirnov test with a test of its homogeneity and Bartlett both classroom experiments or the classroom control. Analysis of hypothesis testing using gain scores and test-t. Based on the results of the calculation of the test data shows the prerequisite of Gaussian and homogeneous. Test results-t that is there is the influence of peer tutor methods of intelligence interpersonal learners class VIII Junior High School on subjects natural science compared with the method of discussion groups.
SS00016684 | SK 16684 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain