Text
Pengembangan media pembelajaran berbasis Flip book untuk materi getaran harmonis sederhana di SMA
Telah dilakukan penelitian pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran berbasis flip book untuk materi getaran harmonis sederhana di SMA. Produk penelitian ini diuji lapangan di SMA Negeri 67 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Produk dibuat menggunakan software 3D PageFlip Professional 1.7.7 dan konten-kontennya menggunakan beberapa software, yaitu Windows Movie Maker, iSpring Suite 8, dan Microsoft Office. Produk divalidasi oleh 3 dosen dengan masingmasing satu dosen ahli materi fisika, dosen ahli media dan dosen ahli pembelajaran, serta diuji coba oleh 27 peserta didik SMA. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan persentase capaian sebesar 85,00% dari ahli materi, 90,00% dari ahli media pembelajaran, 88,06% dari ahli pembelajaran, 92,55% dari peserta didik SMA kelas XII. Hasil uji N-Gain peserta didik sebelum dan setelah menggunakan produk adalah 0,30 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan produk telah layak digunakan sebagai media belajar fisika secara mandiri untuk peserta didik SMA.
A development research has been done that produces flip book based learning media for simple harmonic motion for high school students. The product of this research is field tested at SMA Negeri 67 Jakarta. The research method used is ADDIE. Products are created using the PageFlip Professional 1.7.7 3D software and its content using some software, namely Windows Movie Maker, iSpring Suite 8, and Microsoft Office. The product is validated by 3 lecturers with each one lecturer of physics material expert, lecturer of media expert and lecturer of learning expert, and tested by 27 high school students. The results of validation and trials show the percentage of achievement of 85.00% of the material experts, 90.00% of the learning media experts, 88.06% of the learning experts, 92.55% of the high school class XII students. The result of N-Gain test of learners before and after using the product is 0.30 in the "moderate" category. The conclusion of the product has been feasible to be used as a learning media physics independently for high school students.
SS00016683 | SK 16683 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain