Text
Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan skemata anak terhadap keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik SD kelas V : studi eksperimen pada peserta didik SDS Kristen Calvin Kemayoran Jakarta Pusat
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN SKEMATA
ANAK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA
DIDIK KELAS V
Studi Eksperimen pada Peserta Didik SDS Kristen Calvin
Kemayoran Jakarta Pusat
(2017)
CHRISSIE MARTINEZ LIMUISSA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran kooperatif dan skemata anak pada keterampilan membaca
pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di
SDS Kristen Calvin Kemayoran Jakarta Pusat.
Populasi yang diteliti adalah peserta didik kelas V pada tahun ajaran
2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Sampel penelitian diperoleh dengan stratified
random sampling. Ukuran sampel yang diambil oleh peneliti adalah 18 orang dengan
9 orang di masing-masing sel. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk
mengumpulkan data ada dua, yaitu instrumen uji keterampilan membaca
pemahaman dan instrumen uji skemata.
Analisis data dilakukan dengan teknik Analisis Varians Dua Jalur (ANAVA
2x2). Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan sebagai berikut: (1)
Keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang belajar dengan metode
Instruksi Langsung tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan peserta
didik yang belajar dengan metode Kooperatif, (2) Tidak ada perbedaan yang
signifikan pada keterampilan membaca pemahaman peserta didik berskemata
rendah yang belajar dengan metode Instruksi Langsung dan metode Kooperatif, (3)
Tidak ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca pemahaman
peserta didik berskemata tinggi yang belajar dengan metode Instruksi Langsung dan
metode Kooperatif, (4) Adanya interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan
tingkat skemata peserta didik pada keterampilan membaca pemahaman peserta
didik.
Berdasarkan temuan-temuan yang dihasilkan oleh penelitian ini, peneliti
menyarankan agar tenaga pendidik memerhatikan korelasi antara metode
pembelajaran yang digunakan dan skemata peserta didik sehingga peserta didik
dapat menjalankan pembelajaran dengan metode yang dapat memperkuat dan
mengembangkan skemata pengetahuan dan keterampilan membaca
pemahamannya.
TM00005179 | TM 5179 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain