Text
Peningkatan keterampilan menulis teks recount melalui model pembelajaran quantum dengan teknik peta konsep : penelitian tindakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cinangka Kabupaten Serang Provinsi Banten tahun pelajaran 2016/2017
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DENGAN TEKNIK PETA KONSEP (Penelitian Tindakan Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Cinangka, Kabupaten Serang Provinsi Banten)
ABSTRAK
Tujuan penelitian tindakan ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks recount melalui model pembelajaran quantum dengan teknik peta konsep, 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks recount melalui model pembelajaran quantum dengan teknik peta konsep. Desain penelitian tindakan ini menggunakan tiga siklus. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, jurnal harian pengamatan, dan juga dokumentasi. Data kuantitatif adalah data yang berupa angka dari hasil tes menulis yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan model pembelajaran quantum dengan teknik peta konsep. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas delapan SMP Negeri 2 Cinangka tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran semakin meningkat, 2) Keterampilan menulis teks recount siswa meningkat secara signifikan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum dengan teknik peta konsep. Nilai rata-rata yang diperoleh oleh peserta didik adalah; siklus I adalah 66.93, siklus II adalah 76.53, dan siklus III adalah 84.67.
Kata kunci: teks recount, quantum learning, peta konsep
TM00005172 | TM 5172 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain