Text
Implementasi program pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus perhotelan : evaluasi responsif di SMK Negeri 1 Tasikmalaya
IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
UNTUK TUJUAN KHUSUS PERHOTELAN
(Evaluasi Responsif di SMK Negeri 1 Tasikmalaya)
Dian Kardijan
ABSTRAK
Tujuan penelitian evaluasi ini adalah untuk mengetahui kesesuaian dan konsistensi
implementasi program pembelajaran bahasa Inggris untuk tujuan khusus perhotelan
berdasarkan prinsip dan karakteristik English for Specific Purposes (ESP). Penelitian
ini merupakan penelitian evaluasi kualitatif dengan metode evaluasi implementasi
program menggunakan model evaluasi responsif melalui kerangka countenance.
Teknik pengambilan data adalah wawancara semi terstruktur, observasi, dan studi
dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi
atau kesimpulan. Temuan penelitian menunjukan beberapa kelemahan dalam
implementasi program yang diindikasi tidak sesuai dan tidak konsisten dengan
prinsip dan karakteristik ESP: (1) aktivitas pada aspek antecedents, identifikasi
kemampuan awal bahasa Inggris peserta didik tidak dilakukan, begitu juga materi
ajar tidak dikembangkan untuk kebutuhan penggunaan bahasa khusus dalam
konteks wacana perhotelan; (2) aktivitas pada aspek transactions, proses
pembelajaran tidak terjadi aktivitas yang komunikatif dan aplikatif untuk mencapai
specific outcome serta English Day di lingkungan sekolah tidak diapresiasi, sehingga
tidak terjadi pola pembiasaan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi
berbahasa Inggris; dan (3) aktivitas pada aspek outcomes tidak sesuai dengan
target pencapaian program. Peserta didik tidak terampil dan tidak percaya diri
komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dalam melakukan jenis pekerjaan
tertentu dibaagian kantor depan dengan penggunaan unsur kebahasaan yang akurat
dan berterima.
Kata Kunci : Bahasa Inggris untuk tujuan khusus perhotelan, model evaluasi
responsif, kerangka countenance, English for Specific Purposes.
DD00002198 | D 2198 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.010) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain