Text
Pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai religius terhadap motivasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai religius terhadap motivasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experiment, Control Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai religius sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan pendekatan pembelajaran kontekstual. Hasil uji t yaitu thitung sebesar 7,65 > ttabel sebesar 2,04 dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh positif penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai religius terhadap motivasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai religius dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa merasa materi pembelajaran sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari serta adanya nilai-nilai religius dalam pembelajaran karena materi yang siswa pelajari sesuai dengan kandungan AL-Qur’an yang menjadi panutan bagi kehidupan. Oleh karenanya perlu adanya pengimplementasian pendekatan pembelajaran kontekstual yang diintegrasikan dengan nilai-nilai religius guna meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga diharapkan siswa tidak hanya menjadi pribadi yang cerdas namun juga berakhlak mulia.
The aim of this study is to find out the positive effect of the use of contextual learning approach integrated with religious values toward students learning motivation in hydrocarbon and petroleum. The method used in this research is Quasi Experiment with Control Group Pre-test Post-test Design. The participants are students from XI MIA 1 as the experimental group and XI MIA 2 as the control group. In experimental group, students are given a treatment of contextual learning approach integrated with religious values, whereas in control group is given a treatment of contextual learning approach only. The result of t-test is tobserve is 7,65 > ttable is 2,04 with 5% significantly score, it is showed that H0 is rejected. It means that there is a positive effect in using contextual learning approach integrated with religious values toward students learning motivation in hydrocarbon and petroleum. This result confirms that contextual learning approach integrated with religious values can increase the students’ motivation because they feel that the topic is so close with their daily life and there are religious values in the topic because the materials are explained in Al-Qur’an which becomes a guide in life. In short, contextual learning approach integrated with religious values should be applied to escalate students’ motivation so they can be not only a clever student but also a glorious person.
SS00016686 | SK 16686 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain