Text
Analisis penerapan metode Card sort terhadap motivasi belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit
Kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa karena sifatnya yang kompleks, diperlukan analisis, keterampilan berhitung, dan logika berpikir yang baik. Anggapan ini umumnya membuat siswa kehilangan rasa percaya diri sehingga motivasi untuk belajar kimia rendah. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh proses pembelajaran yang terjadi, pembelajaran yang monoton akan membuat motivasi belajar siswa semakin rendah, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat menstimulasi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Card Sort terhadap motivasi belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan paradigma alamiah (interpretif). Data penelitian diperoleh dengan beberapa cara yaitu dengan kuesioner motivasi belajar yang diadopsi dari instrumen instructional materials motivation survey (IMMS) berdasarkan model motivasi ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction), wawancara, dan observasi yang dibantu beberapa observer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode Card Sort dalam pembelajaran kimia ternyata dapat menstimulasi dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Prosentase siswa dengan motivasi tinggi meningkat dari 3,03% menjadi 14,71% dan prosentase siswa dengan motivasi rendah menurun dari 36,36% menjadi 11,76% dan yang lainnya berada pada golongan siswa dengan motivasi sedang. Peningkatan motivasi sangat terlihat pada indikator attention dan confidence, dimana selama pembelajaran siswa menjadi lebih bersemangat dan memperhatikan serta lebih percaya diri untuk menyampaikan pendapat di depan kelas. Sementara pada indikator relevance, siswa belum bisa menjelaskan hubungan materi pelajaran dengan kehidupannya sehari-hari kecuali yang telah dicontohkan guru. Pada indikator satisfaction, sebagian besar siswa puas dan tidak merasa kesulitan memahami materi dan belajar dengan metode pembelajaran Card Sort.
Chemistry is one of lesson that considered difficult by students because of its complex, needed analysis, counting skill, and good logic. This impression commonly make the students lose their confidence, so it makes low motivation to learning chemistry. It also influence by the learning process in the class, the monotonous learning will collapse student’s motivation, so we need learning methode that can stimulate student’s learning motivation. The purpose of this research is to anaysis the applicaton of Card Sort method into student’s chemistry learning motivation for the lesson electrolyte and nonelectrolyte solution. This research was conducted with qualitative methode and interpretif. The data result by some way, it is learning motivation questionnare which adopted from instructional materials motivation survey (IMMS) instrument based on ARCS motivation model (it cover Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction), interview, and observation helped by some observer. Based on the research, the application of Card Sort method into chemistry learning apparently can stimulate and increase student’s learning motivation. Percentage of students with high motivation increase from 3.03% to 14.71% and the percentage of students with low motivation decrease from 36.36% to 11.76% and the other are medium motivation level. The increasing of motivation is look clearly for attention and confidence indicator, that since learning process the students look more enthuse and pay attention and more confidence to extend and explain their opinion in front of the class. Whike relevance indicator, students cannot yet explain relevance the lesson and their live, except just retell the example than given by teacher before. And for the satisfaction indicator, most of the students were satisfacted and didn’t feel it was difficult to understand the lesson and learn with Card Sort methode.
SS00016687 | SK 16687 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2018.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain