Text
Pengaruh dukungan manajemen, belajar tuntas, dan transfer belajar terhadap keberhasilan belajar pada tahun pertama di perguruan tinggi : studi pada alumni SMA Cambridge di Jakarta
PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN, BELAJAR TUNTAS, DAN TRANSFER BELAJAR TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR PADA TAHUN PERTAMA DI PERGURUAN TINGGI (STUDI PADA ALUMNI SMA CAMBRIDGE DI JAKARTA)
KUMALASARI ONGGOBAWONO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dukungan Manajemen, Belajar Tuntas dan Transfer Belajar pada Keberhasilan belajar pada tahun pertama di perguruan tinggi. Instrumen didistribusikan ke sejumlah alumni dari SMA Cambridge di Jakarta. Terdapat 150 alumni dan menggunakan teknik proporsional random sampling. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, statistik inferensial untuk uji linearitas, signifikansi regresi, dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) dukungan manajemen memiliki pengaruh positif pada belajar tuntas, (2) dukungan manajemen memiliki pengaruh positif pada transfer belajar, (3) dukungan manajemen tidak memiliki pengaruh positif pada keberhasilan belajar pada tahun pertama di perguruan tinggi, (4) belajar tuntas memiliki pengaruh positif pada transfer belajar, (5) belajar tuntas memiliki pengaruh positif pada keberhasilan belajar pada tahun pertama di perguruan tinggi, (6) transfer belajar memiliki pengaruh positif pada keberhasilan belajar pada tahun pertama di perguruan tinggi, (7) dukungan manajemen, belajar tuntas, dan transfer belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap keberhasilan belajar pada tahun pertama di perguruan tinggi. Kesimpulannya dukungan manajemen memiliki pengaruh positif pada belajar tuntas, dukungan manajemen dan belajar tuntas memiliki pengaruh positif pada transfer belajar, dan dukungan manajemen, belajar tuntas dan transfer belajar memiliki pengaruh positif pada keberhasilan belajar pada tahun pertama di perguruan tinggi.
Kata Kunci: Dukungan Manajemen, Belajar Tuntas, Transfer Belajar, dan
Keberhasilan Belajar pada Tahun Pertama di Perguruan Tinggi.
DD00002204 | D 2204 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain