Text
Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis Android untuk mata kuliah Psikologi Pendidikan
Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media elektronik digital Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam perkuliahan pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Secara umum, penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi Android yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pengembang menggunakan model Bergman and Moore dalam mengembangkan aplikasi pembelajaran ini yang melalui enam tahap, yakni analisis; rancangan; pengembangan; produksi; penggabungan; dan validasi. Evalusi pada penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan evaluasi formatif yang dimodifikasi, yang terdiri dari ujicoba ahli (ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media) dan ujicoba pengguna yang terdiri dari ujicoba satu-satu; ujicoba kelompok kecil; dan ujicoba lapangan. Evaluasi tersebut melibatkan 1 ahli materi, 1 ahli desain pembelajaran dan 1 ahli media serta 28 pengguna. Hasil skor dari masing-masing tahap, sebagai berikut: ahli materi 3,94, ahli desain pembelajaran 3,48, dan ahli media 3,53, sedangkan pada ujicoba pengguna, menghasilkan skor yakni ujicoba satu-satu 3,61, ujicoba kelompok kecil 3,48, dan ujicoba lapangan 3,52. Berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan aplikasi pembelajaran serta ujicoba yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa aplikasi pembelajaran ini memiliki kualitas “Baik Sekali” dan dapat digunakan untuk media pembelajaran pembelajaran dengan penyempurnaan lebih lanjut.
This development research produces a digital electronic media Android Based Learning App for Educational Psychology Course. This application can be used to facilitate students in lectures on the subject of Educational Psychology. In general, this development research is aimed to produce products in the form of Android applications that can be used as a medium of learning by students of the Faculty of Education State University of Jakarta on the subject of Educational Psychology. Developers use the Bergman and Moore model in developing this learning app through six stages: analysis; design; develop; produce; author; and validate. Evaluation in this development research used a modified formative evaluation approach, consisting of expert reviews (expert matter, instructional design expert and media expert) and user reviews consisting of one to one review; small group review; and field test. The evaluation involved one expert matter, one instructional design expert and one media expert and also 28 users. The results of the scores of each stage, as follows: 3.94 from expert matter, 3.48 from instructional design expert, and 3.53 from media expert, whereas in the user reviews, resulting in a score of the 3.61 from one to one review, 3.48 from small group review and 3.52 from field test. Based on the process and procedures in developing the learning application and test that has been done can be stated that this learning application has "Very Good" quality and can be used for instructional media with further refinement.
SS00016385 | SK 16385 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2018.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain