Text
Evaluasi program boarding school di MAN Insan Cendekia Serpong : penelitian evaluasi program dengan model CIPP-I
RINGKASAN
a. Pendahuluan
MAN Insan Cendekia Serpong dengan sistem islamic boarding menciptakan suasana religius dan mengutamakan mutu dan kualitas akademik. Sistem islamic boarding ini diciptakan dalam rangka mewujudkan visi dan misinya. Madrasah ini memiliki tuntutan yang tinggi dalam mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama islam dibandingkan dengan madrasah pada umumnya. Sementara itu kehidupan di Boarding mensyaratkan berbagai aturan bagi peserta didik. Hal ini merupakan keunikan tersendiri bagi MAN Insan Cendekia.
Secara potensi peserta didik disini memiliki kemampuan untuk berprestasi terutama dalam bidang sains. Potensi yang dimiliki peserta didik ini, satu sisi merupakan modal yang baik untuk berprestasi, namum disisi lain dapat mengakibatkan kegagalan dalam menggali potensi peserta didik tersebut jika tanpa pengelolaan yang baik.
Sejauh ini MAN Insan Cendekia mampu melahirkan generasi yang memiliki kesetaraan imtak dan iptek. Alumninya dapat memasuki perguruan tinggi favorit di dalam maupun di luar negeri lebih dari 90% setiap tahun. Madrasah ini berprestasi pada olimpiade sains nasional dan olimpiade sains tingkat internasional. Disamping itu peserta didiknya juga memiliki prestasi dalam dalam bidang agama.
Dengan mempertimbangkan segala keunikan, potensi yang dimiliki peserta didik dan prestasi yang telah dicapai MAN Insan Cendekia Serpong, hal ini menjadi alasan dilakukannya penelitian evaluasi terhadap program islamic boarding. Evaluasi program islamic boarding dilakukan dengan menerapkan model evaluasi program CIPP-I (context, input, process, product, dan impact).
iv
b. Metode Penelitian
Evaluasi program Islamic Boarding school secara spesifik menilai: 1) konteks, tujuan dari program boarding; 2) input, kecukupan sumber daya manusia, kesesuaian rancangan kurikulum yang diterapkan, dan sarana fisik; 3) proses, implementasi seluruh kegiatan di boarding ; 4) produk, (a) prestasi langsung sesuai kurikulum boarding, (b) prestasi aktual yang terkait dengan penjabaran visi, misi dan target madrasah; dan 5) dampak, sikap alumni terhadap nilai-nilai kesalehan, kedisiplinan, kemandirian dan tanggungjawab. Instrumen penelitian divalidasi secara konten dan konstruk dengan bantuan pakar sebelum digunakan. Khusus untuk instrumen dampak dilakukan uji coba instrumen untuk menentukan validitasnya. Instrumen yang sudah valid ditentukan reliabilitasnya. Instrumen yang sudah valid dan reliable digunakan untuk mengumpulkan data. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini studi dokumen, wawancara, checklist dan angket.
c. Hasil Penelitian
Untuk aspek konteks, hasil evaluasi konteks menunjukkan bahwa keberadaan program boarding merupakan kebutuhan dari lembaga MAN Insan Cendekia dalam mewujudkan visi dan misi madrasah dan bentuk penjabaran dari visi dan misi serta target madrasah ini dalam rangka menyeimbangkan imtak dan iptek. Berdasarkan case–order effect matrix, hasil evaluasi terhadap aspek konteks berada dalam kategori tinggi.
Pada aspek input, hasil evaluasi terhadap kurikulum islamic boarding menunjukkan bahwa kontain kurikulum diperuntukkan untuk menunjang visi dan misi, khususnya untuk memperkuat imtak dari peserta didik. Sumber daya pendukung program islamic boarding memenuhi kualifikasi sesuai standar yang ditetapkan. Namun rasio perbandingan antara jumlah siswa dan guru bina asrama belum mencukupi. Sarana fisik penunjang semua terpenuhi secara kuantitas tetapi secara kualitas masih perlu perbaikan.
v
Berdasarkan case–order effect matrix, hasil evaluasi terhadap aspek konteks berada dalam kategori sedang.
Pada aspek proses, hasil evaluasi terhadap (a) kegiatan pembelajaran agama islam terjadwal di kelas malam hari, (b) kegiatan pemberian pengalaman pelaksanaan keagamaan, (c) kegiatan pembinaan kehidupan peserta didik di lingkungan boarding, (d) kegiatan pembinaan kehidupan keagamaan, dan (e) kegiatan kebahasaan, secara keseluruhan dalam kategori sedang.
Pada aspek produk, hasil evaluasi terhadap (a) prestasi langsung sesuai kurikulum boarding, dan (b) prestasi aktual yang terkait dengan penjabaran visi, misi dan target madrasah dalam kategori tinggi.
Pada aspek dampak/impact, Hasil evaluasi ini menunjukkan 85 % responden menyatakan dampak program islamic boarding school sangat baik terhadap alumni yang telah menyelesaikan studi selama tujuh sampai dua belas tahun dari MAN Insan Cendekia Serpong. Sehingga hasil ini dikategorikan dalam level tinggi.
DD00002205 | D 2205 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2018.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain